Asri Welas bagikan cara hindari "food waste"

Asri Welas bagikan cara hindari "food waste"

Asri Welas merupakan Brand Ambassador Electrolux Indonesia. (ANTARA/HO/Electrolux Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Aktris Asri Welas membagikan cara untuk menghindari menghasilkan limbah makanan, food waste, yang dapat diikuti oleh seluruh ibu yang kerap masih membuang bahan makanan karena belum sempat terolah.

Ibu dengan tiga anak itu menyebutkan salah satu tips untuk mencegah food waste adalah membuat menu untuk sepekan atau dua pekan.

Baca juga: Hindari limbah makanan, Electrolux rilis "ultimate taste" untuk kulkas

“Dengan listing menu ini kita sebagai ibu bisa menghindari buang- buang bahan makanan, menghindari belanja yang tidak diperlukan. Ini juga membuat keuangan keluarga lebih hemat,” kata Asri dalam konferensi pers virtual, Selasa.

Wanita asal Yogyakarta itu pun mengaku selalu mengajak keluarganya berdiskusi untuk menu makanan yang disajikan tiap harinya.

Komunikasi dengan suami dan para buah hatinya menjadi kunci agar tidak ada pemborosan dalam hal membeli bahan- bahan makanan.

“Kalau sama suami misalnya dia sukanya sarapan itu suka telor orak arik, pakai daging asap, sama roti. Itu kita siapkan selama seminggu,” kata Asri.

Tips lainnya yang dibagikan Asri adalah konsultasi dengan dokter ahli gizi.

Konsultasi dengan dokter ahli gizi itu disarankan jika ada anggota keluarga yang mengalami masalah terkait kesehatan tubuhnya.

“Aku kan punya dua balita. Dua-duanya punya kondisi dengan kesehatan, yang satu kita tanya dokter untuk makanan yang bagus untuk matanya kan. Sementara satu lagi lahir dengan prematur berat badannya kecil, jadi tanya dokter juga yang bagus untuk anak yang kurang berat badannya nutrisi terbaik itu apa,” kata Asri

Menurutnya meski terkesan repot, tips mulai dari perencanaan menu makanan hingga konsultasi ahli gizi dapat membantu ibu untuk terhindar dari food waste.

“Memang agak repot ya. Hidup sih memang udah repot, tapi demi mendapatkan kualitas makanan hingga hidup yang terbaik ya gak apa-apa. Yang penting gak buang- buang makanan, hemat,dan gak jajan,” kata Asri.


Baca juga: Laporan terbaru UNEP, 931 juta ton makanan berakhir jadi limbah

Baca juga: Tiga tips kurangi limbah makanan


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kantin di China tugaskan robot kampanyekan kurangi limbah makanan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar