Jakarta (ANTARA News) - Penulis novel tetralogi Laskar Pelangi, Andrea Hirata, mendapatkan beasiswa menulis di negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS).

"Dalam waktu dekat ini saya akan berangkat selama tiga bulan ke Amerika karena mendapatkan beasiswa menulis di sana," kata Andrea Hirata kepada ANTARA News di Jakarta.

Dia menjelaskan, beasiswa tersebut datang dari Iowa University dan Andrea merupakan satu dari 13 orang di seluruh dunia yang mendapatkan kesempatan baik tersebut.

"Pertama kalinya saya mendapatkan kabar mengenai beasiswa tersebut adalah dari Kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia," katanya.

Menurut pihak kedutaan terpilihnya Andrea adalah karena namanya melambung sejak novel Laskar Pelangi yang ditulisnya difilmkan.

Ditambah lagi novel Laskar Pelangi pada saat ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul "The Rainbow Troops".

Andrea mengemukakan, hal itu merupakan pelajaran menulis pertama yang dia dapatkan karena latar belakang pendidikan ilmunya di bangku kuliah adalah ekonomi telekomunikasi.

Dia mengaku sangat bangga menerima beasiswa ini dan berharap bisa memberikan lebih banyak inspirasi baginya untuk menulis lagi.

Mengenai tanggal pasti keberangkatan ke Amerika Serikat, Andrea belum mengetahui pasti, dan mungkin pada Agustus atau September 2010.
(T.W004/A014/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010