Jakarta (ANTARA News) - Atlet wushu asal DKI Jakarta, Susyana Thjan, berobsesi menyuguhkan medali emas bagi kontingen Indonesia di Asian Games XVI di Guangzhou, China, November mendatang.

"Di Guangzhou nanti saya ingin mengikuti jejak Jaenab, atlet senior asal Sumatera Utara yang menyuguhkan medali perak pertama kali dari cabang wushu saat diturunkan di Asian Games XIII Thailand tahun 1998," ujar Susyana di Jakarta, Minggu.

Diakuainya, dengan usia menginjak 27 tahun ia berharap bisa mengejar ketinggalan prestasi dari atlet asal China. Karena tampil di Asian Games XVI pesaing terberat datang dari Negeri Tirai Bambu itu. Dengan begitu sudah seharusnya melakukan latihan lebih keras lagi dengan waktu yang masih tersisa tiga bulan.

Sisa waktu tiga bulan menuju Asian Games XVI bukanlah waktu yang panjang. Semua itu memerlukan kedisiplinan dalam melakukan latihan keras sebelum dikirim ke China.

Susyana mengatakan dipilih masuk tim inti Asian Games XVI memerlukan latihan di China. Karena berlatih di negeri "Tirai Bambu" bisa membandingkan prestasi yang dimiliki dengan atlet asal China.

Dengan begitu kerja kerasnya semakin tertantang untuk menghasilkan prestasi maksimal. Meraih prestasi maksimal dengan menyuguhkan medali emas di SEA Games XXV Laos, bisa dijadikan sebagai loncatan menuju jenjang yang lebih tinggi lagi.

Dalam menggapai prestasi ia tidak pernah puas. Meski usianya sudah menginjak 27 tahun, namun tekad meningkatkan prestasi yang dimiliki cukup tinggi. Semua itu dijadikan modal utama sebelum dikirim ke Asian Games.

Ia berobsesi, sebelum pensiun sebagai atlet dan menekuni bidang kepelatihan atlet asal DKI Jakarta itu ingin menyuguhkan prestasi optimal di multi event Asia. Semua itu dapat dijadikan modal sebelum terjun sebagai pelatih. (ANT/S005)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010