Jakarta, 12/7 (ANTARA) - Pada hari Sabtu 10 Juli 2010, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaksanakan Tes Potensi Akademik (TPA) penyaringan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tingkat sarjana secara serentak di lima belas kota di seluruh Indonesia dengan total peserta sebanyak 58.286 orang. Kelimabelas kota tersebut adalah Banda Aceh (884 orang), Medan (4.035 orang), Padang (2.616 orang), Palembang (3.075 orang), Jakarta (22.772 orang), Yogyakarta (12.685 orang), Surabaya (5.722 orang), Denpasar (1.149 orang), Pontianak (532 orang), Banjarmasin (736 orang), Balikpapan (471 orang), Makassar (2.819 orang), Manado (427 orang), Kupang (194 orang), dan Jayapura (151 orang).

Kementerian Keuangan menegaskan bahwa seluruh rangkaian tes penyaringan CPNS Kemenkeu bebas dari praktek kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN), serta tidak ada toleransi terhadap kecurangan dan intervensi dari pihak manapun. Selain itu, keanggotaan panitia seleksi CPNS Kemenkeu juga menerapkan prinsip-prinsip good governance yang terukur dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan demikian, diharapkan seluruh peserta yang berhasil lulus dari rangkaian seleksi penyaringan CPNS Kemenkeu merupakan individu-individu yang profesional, berkarakter, mampu bekerja keras, dinamis, serta memiliki dedikasi, loyalitas, dan integritas tinggi terhadap instansi Kemenkeu baik tingkat pusat maupun vertikal di seluruh wilayah Indonesia dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat luas.

Hasil TPA akan diumumkan pada tanggal 30 Juli 2010. Tahapan tes selanjutnya yang akan ditempuh oleh peserta adalah Psikotes, Tes Kesehatan dan Kebugaran, Wawancara, dan pemberkasan baik secara online maupun fisik. Setelah melalui tahapan-tahapan tes tersebut peserta yang lulus akan mengikuti pembekalan CPNS.

Untuk informasi yang lebih lengkap, silahkan kunjungi situs www.depkeu.go.id.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Harry Z. Soeratin, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kementerian Keuangan

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010