Warga pedalaman Wondama-Papua Barat ingin ada rumah singgah

Warga pedalaman Wondama-Papua Barat ingin ada rumah singgah

Anggota DPRD Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, Selina Akwan selaku ketua rombongan reses saat berdiskusi dengan anak-anak Distrik Naikere, Kkabupaten Teluk Wondama, Selasa (20/4/2021). (FOTO ANTARA/ Ernes Broning Kakisina)

Rumah singgah jadi kebutuhan penting karena menjadi tempat beristirahat atau penampungan sementara bagi warga di pedalaman Naikere saat berkunjung ke Kota Wasior untuk berbagai keperluan, terutama mengurus anak sekolah, berbelanja, dan menjual hasil
Sorong (ANTARA) - Warga Kampung Inyora di pedalaman Distrik Naikere, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat meminta  pemerintah daerah (pemda) agar dapat memberikan perhatian untuk memenuhi kebutuhan ekonomi warga di kawasan itu, salah satunya dengan pembangunan rumah singgah.

Aspirasi masyarakat daerah pedalaman kabupaten Teluk Wondama tersebut, menurut tokoh masyarakat Kampung Inyora, Yunus Uryo dalam keterangan di Sorong, Rabu, disampaikannya kepada anggota DPRD yang melakukan kunjungan kerja di Distrik Naikere, Selasa (20/4) 2021.

Rombongan anggota DPRD yang melakukan reses yakni Selina Akwan dari Partai Perindo, Markus Webori dari Golkar, dan Daniel Sawasemariay dari Gerindra.

Yunus Uryo mengatakan bahwa warga Inyora meminta Pemkab Teluk Wondama membangunkan rumah singgah untuk mereka di Wasior, Ibu Kota kabupaten itu.

Baca juga: Mantri Patra wafat saat jalankan tugas di pedalaman Wondama

Baca juga: Bupati Wondama evaluasi penempatan petugas kesehatan di pedalaman

Baca juga: Perawat meninggal di desa terpencil, PPNI apresiasi pengabdiannya


Menurut dia, rumah singgah menjadi kebutuhan penting masyarakat setempat karena menjadi tempat beristirahat atau penampungan sementara bagi warga di pedalaman Naikere saat berkunjung ke Kota Wasior untuk berbagai keperluan, terutama mengurus anak sekolah, berbelanja, dan menjual hasil pertanian.

"Kami kesulitan mencari tempat tinggal saat berada di kota. Kami berharap pemerintah daerah bisa melihat kebutuhan ini demi kesejahteraan masyarakat di pedalaman Naikere," katanya di depan rombongan anggota DPRD yang melakukan reses itu.

Ia menyampaikan bahwa keluhan ini disampaikan karena rata-rata warga pedalaman Naikere tidak memiliki keluarga dekat di Kota Wasior yang bisa didatangi untuk sekadar beristirahat saat ada urusan di ibukota kabupaten.

“Selama ini kalau ke kota untuk urusan masyarakat terpaksa menumpang di asrama yang dibangun pemerintah untuk anak-anak Naikere bersekolah di Kota Wasior," kata Yunus Uryo.

Anggota DPRD Selina Akwan selaku ketua rombongan reses yang memberikan keterangan terpisah mengatakan aspirasi masyarakat setempat akan rumah singgah menjadi salah satu usulan prioritas DPRD ke Pemkab Wondama.

“Kita akan bawa usulan ini sebagai usulan prioritas karena kami pandang rumah singgah ini menjadi kebutuhan yang penting bagi masyarakat Inyora. Jadi kita akan ajukan nanti ke OPD terkait untuk bisa ditindaklanjuti dalam APBD 2022,” katanya.

Baca juga: Anak pedalaman Wondama didorong Pangdam Kasuari semangat bersekolah

Baca juga: Kodam Kasuari gelar bakti sosial di pedalaman Teluk Wondama

Baca juga: Kasus hidrosefalus kembali ditemukan di pedalaman Wondama

Baca juga: 44 putra Wondama jalani seleksi TNI-AD

 

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pimpinan DPR minta tindak keras penyerang prajurit TNI di Papua Barat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar