Los Angeles (ANTARA News) - Film animasi 3D "Despicable Me" yang suaranya diisi aktor Steve Carrel, menduduki peringkat pertama box office Amerika utara (AS dan Kanada) pada hari Minggu.

Melejitnya film animasi itu menandai babak baru persaingan rumah produksi animasi dengan masuknya penantang baru bagi Pixar maupun DreamWorks Animation.

Film garapan Universal Pictures itu mampu meraup 60,1 juta dolar di seluruh AS dan Kanada sejak Jumat (9/11). Padahal, film tersebut diramalkan hanya akan mendatangkan antara 30-35 juta dolar AS.

Proyek animasi berbujet rendah ($69 juta) ini merupakan debut pertama Illumination Entertainment yang didirikan oleh Chris Meledandri, mantan bos 20th Century Fox. General Electric Co membiayai dan mendistribusikan film tersebut.

Setali tiga uang dengan spesialis animasi Pixar dan Dreamworks  yang masing-masing melahirkan rangkaian film Toy Story dan Shrek, Illumination juga berencana akan membuat sekuel Despicable Me.

"Ini akan menjadi produk franchise yang luar biasa bagi Universal dan Illumination," ujar Nikki Rocco, presiden Universal.

Film kartun 3D ini juga menghasilkan $5 juta setelah dilempar ke pasar internasional. Rusia menduduki peringkat pertama dengan tingkat
penjualan sebanyak $3,4 juta pada awal penayangannya.

Aktor komedian Steve Carell menjadi pengisi suara Gru, tokoh utama yang berniat jahat untuk mencuri bulan namun urung lantaran melihat kepolosan tiga  gadis yatim yang menganggapnya sebagai ayah.(m-ela/A038/BRT)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010