Jakarta (ANTARA News) - Toy Story 3 garapan Pixar menjadi film tersukses sepanjang tahun sekaligus terbesar dalam sejarah Wall Disney.

Sekuel ini mencuri posisi keempat dengan penambahan penghasilan 22 juta dolar AS sehingga menjadi 340,2 juta dolar AS setelah empat pekan tayang.

Menurut perkiraan data final yang keluar Senin, film animasi keluaran Disney itu telah melampaui dan mengalahkan rekor tahun 2003, Finding Nemo, yang menghasilkan 339,7 juta dolar juta.

Toy Story 3 juga menggeser Alice In Wonderland (334 juta dolar) dalam film animasi.

Berbeda dengan sekuel keempat dari film seri Shrek, menjelang akhir dari minggu kedelapan penayangannya, kartun besutan DreamWorks Animation ini hanya mampu mengantongi 234 juta dolar dan menjadi  pendapatan terendah dibanding sekuel-sekuel sebelumnya.

Jawara minggu lalu, The Twillight Saga : Eclipse, merosot ke posisi kedua dengan menghasilkan pundi-pundi 33.4 juta dolar di AS dan Kanada, namun
tetap menjadi juara nomor satu dalam skala internasional.

Secara keseluruhan, Eclipse mendapat 81,1  juta dolar dari 63 pasar di seluruh dunia, sehingga mencapai total 219 juta dolar.

Pendatang baru yang telah dinantikan, 'Predators' film teranyar dari franchise film berjudul sama sebelumnya dengan bintang Arnold
Schwarzenegger pada tahun 1988.

'Predators' yang kali ini dibintangi Adrien Brody, berkisah tentang seorang tentara bayaran dengan misi rahasia di planet berisi alien. Film ini menggebrak pasar Amerika di urutan ketiga dengan 25,3 juta dolar.

Distributor 20th Century Fox pada tayangan perdananya, mengharapkan
keuntungan sekitar 20-38 juta dolar dari film karya Robert Rodriguez ini. 'Predators' juga menghasilkan 18 juta dolar dari 22 pasar luar negeri.(m-ela/A038/BRT)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010