Padang (ANTARA News) - Siaran Radio Siaga FM, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) resmi mengudara (on-air) setelah diluncurkan oleh Gubernur Sumbar di Padang, Senin malam.

Peluncuran siaran radio yang mengudara pada frekwensi FM 107,5 Mhz ini ditandai sirene oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI diwakili anggota DPD-RI, Emma Yohana didampingi Gubernur Sumbar, Walikota Padang Fauzi Bahar, Bupati Padang Pariaman, Muslim Kasim dan sejumlah kepala daerah lainnya di Sumbar.

Radio siaga FM dikelola JJSB Indonesia didirikan atas kerjasama dengan lembaga bantuan kemanusiaan internasional Trocaire Irlandia dan Komunitas Siaga Tsunami (Kogami) Indonesia.

Selain disiarkan melalui gelombang radio, siara Siaga FM juga disiarkan ke dunia internasional melalui http://www.s6.myradiostream.com/15226.pls.

Menurut Koordinator JJSB John Nedi Kambang, radio ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kesiapsiagaan warga kota Padang terhadap ancaman bencana tsunami, sekaligus wadah pendidikan kebencanaan bagi masyarakat pesisir pantai Barat, Sumbar yang merupakan daerah paling beresiko Tsunami di dunia.

Pada malam peluncuran Radio Siaga FM ini, JJSB juga memberikan penghargaan kepada tokoh, perusahaan dan lembaga kemanusiaan yang telah memberikan dedikasi tinggi terhadap penanggulangan bencana khusus saat terjadi gempa 7,9 SR diikuti tanah longsor yang melanda Sumbar pada 30 September 2009.(*)

H014/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010