Jakarta (ANTARA News) - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI),Hartadi A. Sarwono, menyambut gembira peningkatan status utang Indonesia oleh Japan Credit Rating Agency (JCR) hingga mencapai level Investment Grade yang menunjukkan adanya pengakuan terhadap tangguhnya perekonomian Indonesia.

"Peningkatan rating ini merupakan cerminan perbaikan persepsi dan penilaian lembaga rating terhadap situasi perekonomian Indonesia yang terbukti tangguh," katanya di Jakarta, Selasa.

Predikat investment grade, menurut dia,akan menambah kepercayaan investor asing terhadap Indonesia. Dengan upaya bersama yang strategis dan terarah, langkah ini diyakini dapat diikuti oleh lembaga-lembaga rating internasional lain.

JCR pada 9 Juli lalu memperbaiki rating Indonesia hingga mencapai level Investment Grade untuk utang jangka panjang dengan mata uang asing (foreign currency long-term senior debt) dari semula BB+ menjadi BBB- dan utang jangka panjang untuk mata uang lokal (local currency long-term senior debt) dari semula BBB- menjadi BBB, dengan outlook masing-masing stable.

Dalam siaran persnya, JCR menyatakan bahwa peningkatan ini mencerminkan beberapa hal yaitu meningkatnya stabilitas politik dan sosial seiring dengan kemajuan dalam demokratisasi dan desentralisasi di Indonesia, prospek pertumbuhan ekonomi berkelanjutan didukung oleh solidnya permintaan domestik, dan berkurangnya beban utang publik sebagai hasil dari pengelolaan fiskal yang hati-hati.

Selain itu, JCR juga menilai Indonesia semakin memiliki daya tahan terhadap guncangan eksternal karena akumulasi cadangan devisa dan peningkatan kapasitas untuk pengelolaan utang luar negeri serta membaiknya upaya yang dilakukan oleh pemerintahan Yudhoyono untuk meletakkan kerangka penanganan permasalahan struktural terutama dalam pembangunan infrastruktur.

Analis utama JCR, Yoshihiko Tamura dan Satoshi Nakagawa percaya bahwa Indonesia akan mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi dan kesehatan fiskal di tahun-tahun mendatang.

JCR terakhir kali memberikan rating action terhadap Indonesia pada 7 Juli 2009, ketika sovereign rating diupgrade menjadi BB+ dengan outlook stabil. Dengan upgrade rating oleh JCR ini, posisi Foreign Currency Long-Term Senior Debt adalah BBB-/Stable dan Local Currency Long-Term Senior Debt adalah BBB/Stable.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010