Kandahar, Afghanistan (ANTARA News) - Seorang pembelot tentara Afghanistan menewaskan tiga tentara Inggris dalam ronda bersama pada Selasa di Helmand, propinsi selatan, kata sumber keamanan daerah itu kepada kantor berita Inggris Reuters.

Dua lagi tentara Inggris luka akibat serangan di dekat Lashkar Gah, ibukota propinsi Helmand, itu, tempat sekitar 9.000 serdadu Inggris ditugaskan sebagai bagian dari pasukan pimpinan NATO.

NATO dalam pernyataannya mengatakan bahwa tiga tentaranya tewas dalam serangan di Afghanistan selatan, tapi tidak merinci.

"Kami pastikan bahwa satu tentara Afghanistan menembak mati tiga serdadu Inggris," kata juru bicara kementerian pertahanan Afghanistan Mohammad Zahir Azimi kepada kantor berita Prancis AFP di Kabul.

Serangan pada Selasa itu bukan pertama kali tentara asing tewas oleh pasukan keamanan Afghanistan, yang meningkatkan keprihatinan di di Barat tentang tingkat penyusupan Taliban di pasukan keamanan negara, yang dilatih dan dibiayai NATO sebagai bagian dari perang melawan pejuang, yang bangkit kembali.

"Jika benar, itu sangat disesalkan," kata Waheed Omer, juru bicara Presiden Afghanistan Hamid Karzai.

Dalam serangan serupa paling mematikan, seorang polisi Afghanistan menewaskan lima tentara Inggris di sasana pelatihan di propinsi Helmand pada November.

Sebulan kemudian, seorang tentara Afghanistan menembak mati satu tentara Amerika Serikat dan melukai dua tentara Italia di pangkalan bersama NATO dan Afghanistan di Badghis, Afghanistan baratlaut.

Terjadi beberapa serangan lain oleh orang berseragam tentara dan polisi terhadap pasukan pemerintah dan asing.

Kematian itu menjadikan 317 jumlah tentara Inggris tewas di Afghanistan sejak 2001.

Sejumlah 101 tentara Inggris tewas di Sangin.Kendali daerah itu akan diserahkan kepada pasukan Amerika Serikat pada akhir tahun ini.
(B002/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010