Lumajang (ANTARA News) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menggelar bursa kerja atau "Job Market Fair" (JMF), Rabu, dengan menyediakan sebanyak 3.800 lowongan kerja di kabupaten setempat.

Kepala Disnakertrans Lumajang, Ismail, mengatakan Disnakertrans bekerja sama dengan 34 perusahaan, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar yang tersebar di Jawa Timur dan luar Pulau Jawa.

"JMF bertujuan untuk mengurangi pengangguran di Kabupaten Lumajang, sehingga diharapkan pencari kerja dapat menemukan lowongan kerja yang cocok di acara JMF," katanya.

Menurut Ismail, para pencari kerja bebas memilih lowongan pekerjaan yang tersedia di JMF, asalkan sesuai dengan kemampuan pencari kerja dan ketentuan yang sudah diatur oleh masing-masing perusahaan.

"Perusahaan juga bebas memilih calon tenaga kerjanya sesuai dengan klasifikasi dan kompetensi serta keahlian yang dibutuhkan perusahaan yang bersangkutan," ujarnya.

Hasil pemantauan Disnakertrans, banyak perusahaan yang tertarik untuk merekrut pegawai dari lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) daripada sekolah menengah atas (SMA), karena dinilai banyak memiliki bekal yang cukup dan telah siap masuk ke dunia kerja.

"Setidaknya dari fakta itu diharapkan dapat mengubah pola pikir orang tua atau pelajar, supaya tidak meremehkan SMK, tetapi menjadikannya pilihan yang baik untuk jenjang pendidikan, setelah lulus dari sekolah menengah pertama (SMP)," katanya.

Pemkab Lumajang menghimbau kepada warga yang masih menganggur, untuk memanfaatkan JMF sebaik mungkin, sehingga pengangguran dapat ditekan dan berkurang di "Kota Pisang" tersebut.

"Semua lowongan yang disediakan di JMF adalah lowongan kerja sektor formal dan sebagian besar bergerak di bidang industri," ujarnya.

Salah seorang warga Lumajang, Anita, mengatakan para pencari kerja masih melihat lowongan kerja yang disediakan di JMF, namun berkas lamaran kerja dan beberapa kelengkapannya juga dibawa.

"Saya masih belum tahu, apa saja lowongan kerja yang disediakan di JMF Lumajang. Saya mencari lowongan kerja sekretaris atau bidang administrasi di perusahaan," katanya.

Ia berharap Disnakertrans Lumajang menggelar JMF setiap tahun, dengan menggandeng perusahaan terkemuka dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur.

"Kalau lowongan kerja yang disediakan di JMF cukup banyak dan bervariasi, pencari kerja bisa mendapatkan pilihan pekerjaan sesuai dengan bakatnya," katanya.
(ANT/A024)



Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010