Milenial diajak bela negara dengan menjaga bumi

Milenial diajak bela negara dengan menjaga bumi

Direktur Bela Negara Kementerian Pertahanan Brigjen TNI, Jubei Levianto (kiri) dalam acara memperingati Hari Bumi bertajuk "Puisi Bumi Pertiwi" di Jakarta, Kamis (22/4/2021). (FOTO ANTARA/ Zubi Mahrofi)

Sebanyak 60 persen warga Indonesia merupakan generasi muda atau milenial. Maka itu perannya sangat dibutuhkan untuk menjaga bumi.
Jakarta (ANTARA) - Direktur Bela Negara Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Jubei Levianto mengajak generasi milenial untuk membela negara dengan menjaga bumi.

"Sekarang ini kita jangan main-main, saya mengimbau setiap warga negara, khususnya kaum milenial ajak teman temannya berperan sebagai duta bela negara menjaga bumi dengan cara-cara masing-masing," katanya dalam acara memperingati Hari Bumi bertajuk "Puisi Bumi Pertiwi" di Jakarta, Kamis.

Ia menyampaikan sebanyak 60 persen warga Indonesia merupakan generasi muda atau milenial. Maka itu perannya sangat dibutuhkan untuk menjaga bumi.

"Generasi muda harus tahu apa yang kita gunakan, ini semua dari bumi. Kita lihat, pakaian kita saja dari kapas," katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan salah satu peran TNI dalam menjaga bumi yakni melakukan penghijauan dengan cara menanam pohon di berbagai daerah.

"Banyak prajurit-prajurit TNI melaksanakan kegiatan teritorial dengan melaksanakan penghijauan suatu daerah, seperti menanam pohon trembesi," katanya.

Ia menambahkan TNI juga bekerja sama dengan rakyat menanam padi dan bibit pangan lainnya dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional.

"Lahan-lahan tidur yang tidak menghasilkan, sekarang menghasilkan, tentunya cara-cara itu juga akan menambah ekonomi di daerah setempat," kata Jubei Levianto .

Dalam kesempatan sama, Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando menilai bahwa masyarakat perlu lebih banyak lagi untuk membaca buku-buku berkaitan dengan pelestarian lingkungan alam.

"Semoga perpustakaan bisa berkontribusi untuk menghadirkan jurnal-jurnal, majalah, artikel dan opini terkait dengan penyelamatan lingkungan," katanya.

Acara Hari Bumi itu turut dimeriahkan sejumlah tokoh yang membacakan puisi tentang bumi, di antaranya ulama KH Musthofa Bisri, Ketum Parfi 56 Marcella Zalianty, dan artis Sha Ine Febriyanti.

Kemudian Ketua Yayasan Generasi Lintas Budaya-Duta Bela Negara Olivia Zalianty, budayawan Mudji Sutrisno,  Benny Soesatyo, dan Ketua umum Matakin Budi S Tanuwibowo.

Baca juga: PBB tegaskan perlindungan dari krisis corona dan iklim di Hari Bumi

Baca juga: COVID-19 bukti fase krisis pada perayaan Hari Bumi, kata Walhi

Baca juga: TNI gandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan gelar TMMD

Baca juga: COVID-19 momentum wujudkan bumi berketahanan dari perubahan iklim

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Siang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar