Iwan Jaya Azis Menjabat Kepala ADB

Iwan Jaya Azis Menjabat Kepala ADB

Dr Iwan Jaya Azis. (tokohindonesia.com)

Jakarta (ANTARA News) - Dr Iwan Jaya Azis, ekonom dan akademisi asal Indonesia yang berpengalaman lebih dari 33 tahun diangkat sebagai pimpinan baru di Bank Pembangunan Asia (ADB) di Kantor Integrasi Ekonomi Regional atau (OREI).

Siaran pers ADB di Jakarta, Kamis menyebutkanAzis, yang saat ini menjabat Direktur Pascasarjana Studi Ilmu Daerah di Cornell University, sebelumnya telah bekerjasama dengan ADB selama bertahun-tahun.

Ia menjadi pemikir bidang regional di Asian Development Bank Institute dan sebagai konsultan untuk ADB, terutama untuk publikasi, Asian Development Outlook.

Sebagai Kepala OREI, Dr Azis akan mengawasi upaya ADB membantu negara-negara anggota mengejar hubungan daerah dekat yang dapat digunakan sebagai batu loncatan ke Asia lebih global terhubung.

Dalam lebih dari tiga dekade karir yang panjang, Dr Azis telah bekerja di berbagai proyek penelitian dengan Bank Dunia, Perserikatan Bangsa-Bangsa, International Food Policy Research Institute, US Agency for International Development, Departemen Perdagangan dan Industri Jepang, Bank Indonesia, Universitas Harvard, dan Universitas Columbia.

Dia juga telah menerbitkan banyak buku dan laporan penelitian dalam bahasa Inggris dan Indonesia pada topik yang berkaitan dengan Indonesia, ekonomi, krisis keuangan global, globalisasi ekonomi dan pengembangan perdagangan dan kerjasama, regional, pengurangan kemiskinan, dan perubahan iklim.

Dr Azis memperoleh gelar Ph.D. dan Magister Ilmu Daerah / Ekonomi gelar dari Cornell University, tempat dia telah bertugas dalam berbagai kapasitas sejak tahun 1992. Sarjana Ekonomi didapat Dr Azis dari Universitas Indonesia.

OREI adalah kantor di ADB yang bertindak sebagai pusat pengaturan ADB untuk integrasi Pan-Asia yang bekerja sama dengan forum regional dan program-program seperti Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), ASEAN +3, KTT Asia Timur, Asia-Eropa, Asia-Pacific Economic Cooperation , Asosiasi Asia Selatan untuk Kerjasama Regional dan Kerjasama Ekonomi Asia Tengah.

Lembaga ini juga mendukung kegiatan di daerah seperti multilateralization dari Chiang Mai Initiative Swap Mata Uang, Pasar Obligasi Asia Initiative, dan Organisasi Perdagangan Dunia, Aos Bantuan-untuk-Inisiatif Perdagangan; mempromosikan pembangunan infrastruktur pan-Asia; melakukan penelitian mutakhir di Asia integrasi ekonomi.

Ia jugamemberikan pelatihan tentang pengawasan ekonomi regional, regulasi keuangan dan pengawasan, dan perjanjian perdagangan bebas. publikasi utama meliputi Ekonomi Asia Monitor setengah tahunan, triwulanan Asia Bond Monitor, dan pengawasan tahunan Pasar Modal Asia.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010

ADB akan dukung Indonesia untuk percepatan pembangunan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar