Jakarta (ANTARA News) - Meski dalam beberapa hari terakhir harga beberapa komoditas bahan pokok fluktuatif namun Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan pasokan bahan pokok bagi masyarakat aman sampai akhir tahun.

"Tidak usah khawatir, stok untuk semua bahan pangan lebih dari cukup. Kita sudah melakukan perkiraan maupun penghitungan. Sampai puasa, Lebaran, bahkan sampai akhir tahun pun tidak akan ada masalah," katanya di Jakarta, Kamis, usai syukuran target pengunjung Paviliun Indonesia pada World Expo 2010 di Shanghai, China.

Ia mengatakan pemerintah sedang berjaga-jaga mengintervensi untuk menstabilkan dan mencegah gejolak harga bahan pokok.

"Dengan operasi pasar untuk beras. Kalau untuk produk-produk yang lain kita harus memastikan bahwa stok di titik-titik tertentu tidak ada masalah. Kelancaran distribusi akan kita jamin," katanya.

Ia menambahkan, Perum Bulog memiliki stok 500 ribu ton beras untuk operasi pasar beras, guna meredam gejolak harga beras jika hal itu terjadi.

Sementara harga cabai yang dalam pekan ini cenderung naik karena gangguan pasokan akibat perubahan cuaca yang tidak menentu, Menteri Perdagangan mengatakan dalam jangka menengah pemerintah menganjurkan petani menerapkan teknologi budidaya.

"Kita lihat apa ada cara untuk mengurangi pengaruh iklim, misalnya dengan pemasangan jaring naungan untuk melindungi tanaman cabai dari hujan," katanya.

Mari menjelaskan, harga daging ayam saat ini mengalami kenaikan karena harga bibit ayam umur satu hari (Day Old Chick/DOC) meningkat.

"Tapi kenaikannya masih dalam kisaran normal, belum ada gejolak. Bagi kita yang penting pasokannya ada," katanya.

Pemerintah, kata dia, juga berusaha menjaga stabilitas harga gula kristal putih. "Sekarang ini harga gula malah turun," katanya.

Dalam beberapa hari terakhir harga beberapa komoditas bahan pokok termasuk beras, bawang merah, cabai dan daging cenderung aik.

Menurut data Kementerian Pertanian per 15 Juli 2010, harga beras varietas IR64 dan Ciherang kualitas medium di kabupaten sentra produksi yakni Solok, Ogan Komering Ilir, Pringsewu, Cianjur, Indramayu, Subang, Bojonegoro, Lamongan, Serang dan Hulu Sungai Utara berkisar antara antara Rp5.000 sampai Rp6.100.

Sementara harga bawang merah di kabupaten sentra produksi di Kuningan, Majalengka, dan Brebes pada tingkat konsumen antara Rp14 ribu sampai Rp17 ribu. Harga cabai merah besar pada tingkat konsumen di sentra produksi di Bukittinggi, Ciamis dan Kediri antara Rp28 ribu sampai Rp45 ribu.

Harga daging ayam broiler, menurut data Kementerian Pertanian tentang harga harian pada tingkat konsumen, berkisar antara Rp23 ribu sampai Rp25 ribu di daerah sentra produksi.(*)

M035/S025

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010