Houston (ANTARA News) - Perusahaan raksasa minyak Inggris, BP, pada Kamis mengatakan bahwa minyak telah berhenti bocor dari sumur yang pecah di Teluk Mexico sebagai hasil dari tutup baru yang dipasang perusahaan itu di atas tempat kebocoran.

Itu adalah untuk pertama kali BP sepenuhnya mengatasi kebocoran selama berbulan-bulan yang dipicu oleh ledakan di pengeboran minyak Deepwater Horizon, yang disewa BP, pada penghujung April.

Wakil Direktur Utama BP Kent Wells mengatakan pada satu taklimat bahwa minyak berhenti mengalir pada pukul 02:25 waktu setempat, setelah para insinyur secara bertahap mengurangi jumlah minyak yang mengalir melalui tiga pecahan terakhir di saluran logam seberat 75 ton.

Ia mengatakan ia "benar-benar gembira" bahwa tak ada minyak yang mengalir ke perairan Teluk Mexico.

Wells mengeluarkan pengumuman tersebut setelah percobaan yang disebut terpadu oleh BP pada kap itu untuk memperoleh data termasuk termasuk di dalam peralatan tersebut untuk memastikan tak terjadi kebocoran baru.

Perusahaan itu mengganti peralatan penutup lama pada Sabtu untuk memberi jalan untuk memasang penutup baru yang lebih besar.

BP telah berencana memulai ujicoba pada Selasa, tapi menundanya sampai Rabu akibat "peringatan yang berlimpah" mengenai dampak yang dapat ditimbulkan oleh tekanan tersebut terhadap sumur yang bocor.(C003/A011)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010