Frances McDormand raih Oscar ketiga lewat "Nomadland"

Frances McDormand raih Oscar ketiga lewat "Nomadland"

"Nomadland" (2020). (Twitter/nomadlandfilm)

Jakarta (ANTARA) - Frances McDormand memenangi Oscar ketiganya lewat film "Nomadland", mengukuhkan reputasinya sebagai salah satu aktris terbaik di generasinya.

Kemenangan McDormand sebagai aktris terbaik Oscar 2021 menjadikannya anggota klub elit yang meliputi Meryl Streep, Daniel Day Lewis dan Jack Nicholson sebagai pemenang tiga piala Oscar lewat akting mereka. Mendiang Katharine Hepburn memegang rekor dengan empat piala.

"Suara saya ada dalam pedang saya. Kita tahu pedang kita adalah pekerjaan kita. Dan saya suka bekerja," kata McDormand saat menerima penghargaan, mengucapkan kalimat dalam film.

Baca juga: Piala Oscar Frances McDormand sempat dicuri

Dalam "Nomadland", aktris 63 tahun berperan sebagai janda yang, setelah resesi ekonomi AS, mengubah mobil van jadi rumah dan berkelana, mengambil pekerjaan temporer di sepanjang perjalanan.

McDormand pertama kali memenangi aktris terbaik pada 1997 sebagai kepala polisi yang sedang mengandung dalam drama kriminal "Fargo", dikutip dari Reuters.

Dia kembali menang pada 2018 lewat karakter ibu yang mencari keadilan untuk putrinya yang telah meninggal dalam komedi kelam "Three Billboards Outside Ebbing, Missouri."

Aktris yang menikah dengan sutradara film independen Joel Coen debut pada 1984 lewat film "Blood Simple". Dia beberapa kali tampil di film garapan suaminya, juga saudaranya, termasuk "Raising Arizona" dan "Burn After Reading".

Dia juga sudah membintangi film lain seperti "Mississippi Burning," "Almost Famous", "North Country,", "Moonrise Kingdom" dan "Something's Gotta Give."

Pada 2011, dia memenangi Tony Award berkat aktingnya sebagai orangtua tunggal dalam "Good People" dan mendapat Emmy pada 2015 untuk "Olive Kitteridge".

Baca juga: Chloe Zhao, wanita Asia pertama yang menangi piala utama DGA

Baca juga: "Nomadland" jadi film terbaik versi National Society of Film Critics

Baca juga: Pemenang Oscar Frances McDormand sebut "inclusion rider", apa itu?

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kelas standar BPJS Kesehatan diterapkan bertahap mulai 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar