Teheran (ANTARA News) - Aparat keamanan Iran sempat menahan Duta Besar Swiss Livia Leu Agosti saat berkunjung ke Provinsi Korth Khorasan tiga hari lalu, demikian laporan media Iran, Sabtu.

Dubes Agosti ditahan aparat keamanan provinsi itu karena dia tak dilengkapi identitas diri saat itu, kata TV Iran Saluran Berbahasa Inggris, Press TV, dalam situsnya.

Dubes Agosti akhirnya dibebaskan beberapa jam kemudian.

Kunjungannya ke sebuah desa di North Khorasan itu direncanakan berdasarkan koordinasi dan izin kementerian luar negeri, kata Press TV.

"Tapi aparat keamanan setempat menahan Dubes Agosti 14 Juli lalu karena identitas dirinya tidak tersedia saat itu. Tapi, setelah berkoordinasi dengan pejabat terkait, dia segera dibebaskan," sebut TV Iran itu dalam situsnya.

Di Swiss, seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Swiss mengatakan, kantornya tidak tahu perihal penahanan Dubes Agosti itu.

Kedubes Swiss di Teheran mewakili kepentingan Amerika Serikat (AS) di Iran sejak hubungan diplomatik kedua negara putus menyusul kemenangan Revolusi Islam tahun 1979. (*)

AFP/R013

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010