Jakarta, 19/7 (ANTARA) - Sesuai dengan kewenangan yang diberikan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara dan dengan memperhatikan kondisi pasar keuangan dalam negeri dan minat beli masyarakat, Menteri Keuangan menetapkan kupon Obligasi Negara Ritel seri ORI007 adalah sebesar 7,95% (tujuh koma sembilan lima persen) per tahun dengan tenor 3 tahun.

     Pokok-pokok Ketentuan dan Persyaratan Obligasi Negara Ritel seri ORI007 yang diterbitkan oleh Pemerintah adalah sebagai berikut:

1. Masa Penawaran           15 Juli - 30 Juli 2010
2. Tanggal Penjatahan          2 Agustus 2010
3. Tanggal Setelmen             4 Agustus 2010
4. Tanggal Jatuh Tempo       15 Agustus 2013
5. Minimum Pemesanan       Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah)
6. Maksimum Pemesanan    Rp3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah)
7. Tingkat Kupon                  7,95% per tahun
8. Pembayaran Kupon Tanggal 15 setiap bulan
9. Pembayaran Kupon Pertama Kali Tanggal 15 September 2010

     Tujuan penerbitan ORI007 adalah untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan APBN-P 2010 dan mengembangkan pasar Surat Utang Negara domestik melalui diversifikasi instrumen sumber pembiayaan dan perluasan basis investor. Investor individu Warga Negara Indonesia merupakan sumber pembiayaan pembangunan yang sangat potensial untuk dikelola guna mengurangi peran utang luar negeri secara bertahap dalam pembiayaan APBN. Melalui ORI007, Warga Negara Indonesia diberi kesempatan untuk berperan dalam pembiayaan pembangunan sekaligus memperoleh pendapatan melalui kegiatan investasi pada instrumen yang aman.

     Dalam rangka mensosialisasikan penerbitan ORI007 kepada masyarakat luas, Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang, Departemen Keuangan telah menyelenggarakan kegiatan pre-marketing ORI007 di 12 (dua belas) kota/kabupaten di seluruh Indonesia antara tanggal 18 Mei s.d. 2 Juli 2010, yaitu di Palangkaraya, Cilacap, Tegal, Sorong, Tasikmalaya, Dumai, Bengkulu, Denpasar, Pangkalpinang, Singkawang, Gorontalo dan Gresik.

     Untuk memenuhi target penjualan dengan distribusi yang merata di seluruh Indonesia, Agen Penjual ORI tahun 2010 akan mengadakan kegiatan marketing ke 22 kota di seluruh Indonesia antara lain di Jayapura, Manado, Pontianak, Pekanbaru, Yogyakarta dan Kudus.

     Masyarakat yang berminat membeli ORI007 dapat menghubungi 23 Agen Penjual yang telah ditunjuk yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk; PT Trimegah Securities Tbk; PT Danareksa Sekuritas; PT Bank Central Asia Tbk; PT Bank Internasional Indonesia Tbk; PT Bank Permata Tbk; PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk; Citibank NA; PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk; PT Ciptadana Securities, The Hongkong and Shanghai Bank Corporation Limited; PT Bank CIMB Niaga Tbk; PT Bank Panin Tbk; Standard Chartered Bank; PT Reliance Securities Tbk, PT Bank Bukopin Tbk; PT Mega Capital Indonesia; PT Bank Mega Tbk; PT Bank OCBC NISP Tbk; PT Phillip Securities Indonesia; PT Lautandhana Securindo; PT OSK Nusadana Securities Indonesia; PT Bank Danamon Indonesia, Tbk.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Harry Z. Soeratin, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kementerian Keuangan

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010