Palembang (ANTARA News) - Harga beras asalan yang kualitasnya rendah dijual pedagang di Pasar Tradisional Ariodillah Palembang Rp5.500 per kilogram sedang beras bermerek yang kualitasnya bagus kini dijual Rp7.000 per kilogram.

Akiong (52) pedagang beras, di Palembang, Selasa mengatakan, bukan hanya harga beras bermerek yang mengalami kenaikan, tetapi beras asalan pun naik dari sebelumnya berkisar Rp5.200 per kilogram menjadi Rp5.500 per kg.

Padahal beras asalan tersebut kualitasnya rendah, karena dari warnanya terlihat kekuning-kuningan dan patah-patah, katanya.

Menurut dia, naiknya harga beras asalan tersebut disebabkan minimnya pasokan beras yang mereka dapatkan dari pedagang pengumpul.

Padahal meskipun kualitas beras tersebut di bawah standar tetap saja peminatnya banyak, karena jauh lebih murah dibanding beras bermerek, tambahnya.

Selain beras, harga cabai merah yang sebelumnya dijual Rp30 ribu sampai Rp35 ribu per kg, kini naik menjadi Rp45 ribu per kg.

Selanjutnya bawang merah dari Rp16 ribu menjadi Rp20 ribu per kg dan bawang putih dari Rp25 ribu menjadi Rp30 ribu per kg, kata Santi pedagang sayuran. (ANT037/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010