Layanan kepelabuhanan online SEHATI diapresiasi masyarakat

Layanan kepelabuhanan online SEHATI diapresiasi masyarakat

Dirjen Hubla Agus Purnomo saat meresmikan penggunaan GeNose C-19 sebagai alat pendeteksi virus corona (COVID-19) di Terminal Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Sabtu (17/4). (ANTARA Jatim/Didik Suhartono)

SEHATI merupakan layanan perizinan Terminal Khusus (Tersus) dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) yang dapat diakses secara daring.
Jakarta (ANTARA) - Layanan kepelabuhanan Sistem Elektronik Perhubungan Laut Terintegrasi (SEHATI) yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

"Ditjen Hubla memperoleh apresiasi dari berbagai kalangan di antaranya PT Pertamina, PT Asia Madura, PT Antam dan dari masyarakat maritim," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R Agus H Purnomo dalam rilis di Jakarta, Senin.

Agus mengatakan SEHATI merupakan layanan perizinan Terminal Khusus (Tersus) dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) yang dapat diakses secara daring.

Baca juga: Kemenhub gelar padat karya di Pelabuhan Pangandaran

Dirjen Agus mengungkapkan SEHATI berawal dari sebuah ide untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, terutama di era serba cepat seperti saat ini, di mana ketersediaan layanan berbasis online dan realtime menjadi tuntutan masyarakat, termasuk dalam hal perizinan.

Ia menyebut SEHATI menjamin efisiensi penyelenggaraan kegiatan kepelabuhanan yang andal dan berdaya saing. Ini juga menjadi bukti bahwa Ditjen Perhubungan Laut terus mengikuti arus perkembangan zaman atau digitalisasi.

"Melalui layanan perizinan online maka proses pengurusan menjadi lebih mudah, cepat, menghemat waktu, biaya, tenaga, serta seluruh proses dapat diawasi kapan saja dan di mana saja. Tentu ini menghadirkan suatu kemudahan baru," ujarnya.

Baca juga: Kemenhub uji coba tahap kedua penerapan e-pilotage service

Agus menambahkan jumlah permohonan perizinan pembangunan dan pengembangan Tersus/TUKS di Indonesia terus meningkat. Di era Revolusi Industri 4.0 saat ini, semua proses layanan dituntut untuk seba cepat, praktis dan akuntabel dengan memanfaatkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi. Demikian juga dalam pengurusan perizinan Tersus/TUKS harus cepat dan tidak berbelit-belit.

Layanan perizinan Tersus dan TUKS dalam aplikasi SEHATI ini pun merupakan salah satu solusi dimasa pandemi ini dimana manfaat yang diberikan kepada badan usaha dan masyarakat terasa lebih signifikan. Hal ini juga menjadi salah satu upaya untuk membantu memutus penyebaran Covid-19, dengan mengurangi frekuensi pemberian layanan secara tatap muka.

"Oleh karena itu kami menghadirkan layanan SEHATI dan apresiasi ini menjadi cambuk motivasi agar kami selaku regulator dapat terus lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," katanya.

Sebagai informasi, SEHATI dapat diakses melalui website : https//sehati.hubla.dephub.go.id. Sementara panduan permohonan dapat diakses dan diunduh di sini

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemenhub sediakan 428 bus angkutan atlet dan ofisial untuk PON XX

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar