Makan bawang mentah dan garam bisa sembuhkan dari COVID-19?

Makan bawang mentah dan garam bisa sembuhkan dari COVID-19?

Ilustrasi bawang merah iris (Pexel)

Jakarta (ANTARA) - Di tengah kegiatan vaksinasi sebagai salah satu upaya membantu mengurangi risiko Anda terkena COVID-19, sebagian orang juga melirik pengobatan rumahan untuk meningkatkan kekebalan dan bahkan menyembuhkan penyakit.

Dua bahan yang menjadi sorotan adalah bawang merah mentah dan garam. Ada yang berpendapat konsumsi kedua bahan masakan ini dapat menyembuhkan COVID-19. Benarkah pendapat ini?

Pakar pulmonolgi dari Fortis Hospital Noida, India, Dr.Mrinal Sircar secara tegas membantahnya.

“Tidak, tidak bisa. Harap pertahankan jarak sosial, kenakan masker Anda dan tetap menjaga kebersihan Jangan ikuti mitos semacam itu. Bila Anda terinfeksi, ikuti petunjuk perawatan yang disarankan oleh dokter Anda. Ini bukan waktu yang tepat untuk mengabadikan mitos," kata dia seperti dikutip dari Indian Express, Rabu.

Untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi virus, dokter menyarankan Anda untuk divaksinasi. Bahkan setelah divaksinasi penuh, Anda harus terus mengikuti protokol kesehatan mulai dari memakai masker hingga menjaga jarak sosial - untuk menghindari penularan.

Apabila Anda dicurigai atau dipastikan telah terinfeksi, Anda harus diisolasi dan segera berkonsultasi dengan dokter.

Para ahli kesehatan juga merekomendasikan Anda mengonsumsi makanan bergizi seimbang termasuk sayuran dan buah-buahan untuk memastikan kekebalan Anda ditingkatkan.

Kemudian, orang yang sedang dalam masa pemulihan atau telah pulih dari COVID-19 juga harus makan makanan sehat yakni terdiri dari protein, vitamin dan mineral, serta minum air yang cukup.


Baca juga: Fujifilm mulai lagi uji tahap akhir Avigan untuk obat COVID di Jepang

Baca juga: Belgia tunda pemberian vaksin COVID Johnson & Johnson

Baca juga: Cadila India ajukan izin obat Hepatitis C untuk pengobatan COVID-19

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Semakin banyak yang sembuh, kasus COVID- 19 di Riau turun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar