Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar optimistis partainya memperoleh peningkatan suara yang signifikan pada Pemilu 2014, bahkan bisa menduduki urutan pertama karena masalah yang melanda partai itu sudah diselesaikan.

"Saya optimis menjadi nomor satu pada Pemilu 2014," kata Muhaimin saat memberikan pidato politik pada pembukaan Mukernas PKB di Jakarta, Rabu.

Hadir pada acara tersebut Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, Sekjen Partai Golkar Idrus Marham, dan pengurus Partai Hanura Yuddy Chrisnandi.

Mukernas PKB dilaksanakan 21-23 Juli. PKB juga akan merayakan hari lahirnya yang ke-12 pada 23 Juli 2010.

Muhaimin menyatakan yakin partainya dapat memperoleh peningkatan suara signifikan pada Pemilu 2014 karena pada 2009 saat partainya mempunyai banyak masalah saja mampu memperoleh suara lima persen. "Apalagi sekarang sudah sehat," katanya.

Muhaimin mengatakan bahwa pada Pemilu 2009 sempat ada survei dari media nasional yang menyebutkan suara PKB tidak lebih dari dua persen.

Para pengurus sempat frustasi. Namun dengan kerja keras seluruh kadernya ternyata PKB dapat memperoleh lima persen suara.

Bahkan, kata Muhaimin, Abdurrahman Wahid sempat mengatakan tanpa didukung dirinya PKB bisa memperoleh lima persen, apalagi kalau didukung.

Ia mengatakann saat ini banyak partai hanya menargetkan menjadi urutan ketiga pada Pemilu 2014, namun PKB ingin menjadi nomor satu.

Pada kesempatan itu Muhaimin juga mengatakan tidak ingin partai dikelola berdasarkan sentimen emosi atau ikatan-ikatan yang tidak memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.(*)

(T.U002/N002/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010