Milan (ANTARA News) - Mau dibawa ke mana AC Milan? Paling tidak ada jawabannya dengan menjejak satu fakta bahwa Rossoneri tidak kuasa melepas label sebagai gerbong yang disesaki oleh pemain-pemain berusia di atas 30 tahun.

Nyatanya, fullback timnas Italia Gianluca Zambrotta memperpanjang kontrak bersama klub itu, sebagaimana dikutip dari Reuters.

AC Milan yang menempati peringkat tiga Liga Utama Italia musim kompetisi lalu, menyatakan Zambrotta (33) telah memperoleh perpanjangan kontrak sampai Juni 2012.

Rekan sesama fullback lainnya Massimo Oddo (34) juga telah meneken kontrak baru sampai 2012 pada Rabu. Setelah itu penjaga gawang Christian Abbiati (33) juga membarui kontraknya sampai 2013.

Ketika menyaksikan latihan jelang musim kompetisi, pemilik AC Milan Silvio Berlusconi mengungkapkan bahwa ada banyak pemain yang kontraknya berakhir pada 2011.

Kesempatan ini akan digunakan sebagai langkah awal peremajaan. Sebelumnya, sejumlah pengamat dan fans mengkritik bahwa Milan bagaikan gerbong tua karena mengoleksi pemain berusia relatif tua bagi tuntutan sepak bola modern.

Ketika merespons gunjang-ganjing seputar keberadaan peman Brazil Ronaldinho, Berlusconi menjawab, "Kami telah mencapai kesepakatan bahwa ia akan tetap tinggal di Milan sampai akhir kariernya".

Sebelumnya, para pengkritik menuding bahwa kegagalan timnas Italia di ajang Piala Dunia 2010 karena memuat sejumlah pemain yang telah berusia tua.

Dari situ, Milan hendaknya mengambil pelajaran dengan terus meremajakan para pemainnya ketika melakoni Liga Utama Italia, bukan justru mengoleksi serdadu-serdadu tua.
(A024/BRT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010