Ini atas saran Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, agar generasi muda Islam kuat pemahamannya tentang Al Quran dengan cara banyak hafal ayat-ayat Al Quran
Pamekasan, Jatim (ANTARA) - Pondok Ramadhan di berbagai lembaga pendidikan tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur pada bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah kali ini fokus pada hafalan Al Quran juz 30, di mana hal itu dilakukan untuk menguatkan pemahaman dasar siswa tentang ajaran Islam.

"Ini atas saran Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, agar generasi muda Islam kuat pemahamannya tentang Al Quran dengan cara banyak hafal ayat-ayat Al Quran," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pemkab Pamekasan Akhmad Zaini di Pamekasan, Jumat.

Selama Ramadhan 1442 Hijriah kali ini semua lembaga pendidikan di bawah naungan Disdik Pamekasan diwajibkan menggelar Pondok Ramadhan untuk hafalan Al Quran.

Kegiatan yang merupakan pertama kali di Pamekasan ini, kata dia, selanjutnya akan menjadi kegiatan rutin setiap Ramadhan mendatang.

Selain menghafal ayat-ayat Al Quran pada juz 30, para siswa juga dibimbing agar bisa menulis.

Masing-masing sekolah, kata Akhmad Zaini, diberi waktu minimal satu pekan untuk kegiatan pondok Ramadhan itu, dan hasilnya diminta untuk dilaporkan secara tertulis ke Disdik Pemkab Pamekasan.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyatakan, membentuk generasi muda Qurani penting dilakukan, mengingat Kabupaten Pamekasan sudah dikenal dengan kabupaten yang memperioritaskan program pembangunan melalui Gerakan Pembangunan Islami.

"Kita tidak ingin Gerbang Salam hanya menjadi jargon, akan tetapi terimplementasi secara nyata salam kehidupan sosial generasi muda kita. Salah satunya melalui program peningkatan pemahaman dan penghayatan Al Quran," katanya.

Baca juga: Pamekasan berikan beasiswa santri penghafal Al Quran

Baca juga: Pemkab Pamekasan lakukan safari Ramadhan ke seluruh kecamatan

Baca juga: 120 narapidana di Pamekasan khataman Al Quran

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021