Yogyakarta (ANTARA News) - Para pemilik dan penyayang anjing di Yogyakarta dapat menikmati kemeriahan jambore "dog run" 2010 di lapangan kampus Realino Universitas Sanata Dharma Yogyakarta pada 25 Juli 2010.

"Kegiatan itu menawarkan kegembiraan dengan menggelar berbagai permainan menarik bagi pemilik maupun penyayang anjing," kata Sekretaris Dog Run Community Haryo Dewandaru di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan itu berbeda dengan penyelenggaraan "dog show" yang bersifat kompetisi. Dalam "dog run" kegiatan yang digelar bersifat permainan yang tidak mengutamakan soal menang atau kalah, tetapi kebersamaan yang menjadi fokus utama.

"Konsep kegiatan itu adalah mengajak pemilik anjing untuk bergembira, baik bersama anjing maupun sesama pemilik anjing. Dalam kegiatan itu yang penting senang dan gembira," katanya.

Ia mengatakan, peserta akan diajak jalan pagi mengelilingi kampus, dilanjutkan dengan berbagai permainan seperti adu cepat, adu banyak makan, balap lari, dog fashion show, dan kontes anjing tua.

Selain itu, panitia juga menyediakan 10 paket vaksinasi rabies gratis. Hal itu untuk menumbuhkan kesadaran di antara pemilik anjing tentang pentingnya vaksinasi dan menanamkan pemahaman mengenai bahaya penyakit rabies pada anjing.

Menurut dia, edukasi juga dilakukan melalui penyuluhan tentang cara membawa anjing yang benar di tempat umum. Hal itu penting karena tidak semua orang merasa nyaman berada dekat dengan anjing.

"Oleh karena itu, pemilik anjing harus tahu diri dengan membiasakan anjingnya untuk bersikap baik agar tidak mengganggu orang lain dan hewan lain," katanya.(*)

(U.B015/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010