Warga korban longsor-banjir di Minahasa Tenggara-Sulut terima bantuan

Warga korban longsor-banjir di Minahasa Tenggara-Sulut terima bantuan

Penyerahan bantuan kepada korban bencana longsor dan bajir di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, Minggu (2/5/2021). (FOTO ANTARA/HO-BPBD Minahasa Tenggara)

Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Sosial dan BPBD Minahasa Tenggara telah menyalurkan bantuan kepada warga di empat kelurahan yang terdampak longsor maupun banjir
Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, memberikan bantuan kepada sejumlah warga empat kelurahan di Kecamatan Ratahan yang menjadi korban bencana longsor dan banjir.

"Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Sosial dan BPBD Minahasa Tenggara telah menyalurkan bantuan kepada warga di empat kelurahan yang terdampak longsor maupun banjir," kata Camat Ratahan, Arce Kalalo di Ratahan, Minggu.

Ia mengatakan bantuan diberikan kepada lima kepala keluarga di Kelurahan Tosuraya, Lowu Utara, Lowu Satu dan Nataan terdampak longsor dan banjir yang terjadi pada hari Sabtu (1/5) 2021.

"Bantuan yang diberikan berupa pemenuhan kebutuhan sehari-hari bagi mereka yang menjadi korban longsor dan membersihkan material longsor," katanya.

Bencana alam yang terjadi hari Sabtu itu mengakibatkan Yan Ginsu (79), warga Kelurahan Nataan meninggal dunia karena tertimbun material longsor.

"Pemerintah kabupaten juga telah menyerahkan santunan berupa dana duka bagi keluarga korban," kata Arce Kalalo.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Tenggara, Anneke Sumendap mengimbau kepada masyarakat agar tetap mewaspadai kondisi cuaca buruk.

"Kami minta warga untuk tetap mewaspadai ancaman longsor maupun banjir apalagi curah hujan kondisi saat ini masih cukup tinggi," katanya.

Dipastikan pihaknya selalu menyiagakan seluruh personil BPBD untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara, demikian Anneke Sumendap.

Baca juga: Puluhan rumah di Minahasa Tenggara tertimbun longsor

Baca juga: Pembalakan Hutan Penyebab Banjir di Minahasa Tenggara

Baca juga: Sejumlah wilayah Minahasa Tenggara alami longsor

Baca juga: Banjir bandang terjang ratusan rumah di Minahasa Tenggara

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemprov kirimkan alat berat dan logistik tangani longsor Batang Toru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar