Liga Italia

Atalanta diimbangi Sassuolo, Inter Milan resmi raih scudetto

Atalanta diimbangi Sassuolo, Inter Milan resmi raih scudetto

Kiper Sassuolo Andrea Consigli (kiri) diselamati rekan-rekannya seusai sukses mementahkan eksekusi penalti penyerang Atalanta Luis Muriel dalam lanjutan Liga Italia di Stadion Mapei, Reggio Emilia, Italia, Minggu (2/5/2021). ANTARA/AFP/Miguel Medina/aa.

Atalanta kembali naik ke posisi kedua
Jakarta (ANTARA) - Atalanta diimbangi Sassuolo dengan skor 1-1 dalam laga pekan ke-34 Liga Italia, di Stadion Mapei, Reggio Emilia, Minggu, sekaligus memastikan Inter Milan resmi meraih gelar scudetto musim ini.

Hasil itu memang membuat Atalanta kembali naik ke posisi kedua, tetapi dengan raihan 69 poin praktis mereka tidak akan bisa mengejar Inter Milan yang berjarak 13 poin jauhnya di sisa musim yang tinggal empat putaran pertandingan lagi.

Baca juga: Klasemen Liga Italia: Inter resmi scudetto jika Atalanta gagal menang

Upaya Atalanta menjegal pesta juara Inter sudah menemui kesulitan saat pertandingan baru berjalan 22 menit dan kiper Pierluigi Gollini diganjar kartu merah oleh wasit Luca Pairetto, karena keluar dari sarangnya dan melanggar Jeremie Boga.

Kendati demikian, situasi 10 lawan 11 sempat mampu diatasi oleh Atalanta yang membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-32 melalui tembakan Robin Gosens dari sudut sempit.

Keunggulan itu mampu dipertahankan oleh Atalanta hingga turun minum, di tengah kerja keras Sassuolo bangkit menyamakan keadaan.

Lima menit memasuki babak kedua, tuan rumah memperoleh hadiah tendangan penalti selepas Rafael Toloi menjatuhkan Hamed Traore di dalam area terlarang.

Kesempatan itu dioptimalkan oleh Domenico Berardi yang menjadi algojo, dan dengan dingin menaklukkan kiper pengganti Marco Sportiello demi membuat kedudukan imbang 1-1 pada menit ke-52.

Baca juga: Conte sumringah, selangkah lagi buat catatan bersejarah untuk Inter
Baca juga: Inter kunci gelar scudetto sekaligus kirim Crotone ke Serie B


Atalanta berusaha segera merestorasi keunggulan mereka, namun umpan terobosan Ruslan Malinovskiy yang diselesaikan Hans Hateboer masih bisa diamankan kiper Andrea Consigli.

Pada menit ke-64, Manuel Locatelli melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Atalanta, tetapi perayaan itu diganggu oleh VAR yang menganulir gol tersebut karena menemukan Giacomo Raspadori terjebak offside dalam proses serangan.

Atalanta beroleh peluang emas untuk kembali memimpin pada menit ke-75, setelah Marlon Santos menjegal Luis Muriel di dalam kotak penalti.

Namun, Muriel yang menjadi algojo mendapati eksekusi penaltinya diamankan oleh Consigli.

Anak-anak asuh Gian Piero Gasperini berjibaku untuk mencari gol lagi dalam situasi pertandingan yang menjadi 10 lawan 10, tetapi tembakan Marten de Roon dan sundulan Hateboer bisa digagalkan oleh Consigli demi memaksa skor imbang bertahan hingga peluit bubaran terdengar.

Bagi Sassuolo hasil itu membuat mereka terus memelihara asa menembus zona kualifikasi Eropa, kendati masih tertahan di urutan kedelapan dengan 53 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Pada pertandingan selanjutnya, kedua tim akan melakoni laga masing-masing pada Minggu (9/5) pekan depan, saat Atalanta melawat ke markas Parma dan Sassuolo menyambangi kandang Genoa.

Baca juga: Conte rasakan kesulitan serupa tangani Inter dan Juve
Baca juga: Milan kembali ke jalur kemenangan dan naik ke posisi kedua

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cerita kegiatan keseharian Aa Gym, hingga terkonfirmasi positif COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar