Surabaya (ANTARA News) - PT Angkasa Pura I Bandar Udara Juanda Surabaya menyiapkan posko gabungan dengan sejumlah jajaran petugas keamanan di wilayah tersebut seiring upaya mengamankan arus penumpang pada angkutan Lebaran 2010.

"Memang sampai saat ini kami belum melakukan persiapan apa pun untuk menyambut Lebaran. Apalagi, momennya masih jauh," kata Humas PT Angkasa Pura I (Persero), Firstson Mansyur, di Surabaya, Selasa.

Namun, jelas dia, perseronya akan mengadakan rapat koordinasi dengan sejumlah mitra kerja di kawasan tersebut. Rencananya rapat itu dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Estimasi dimulainya rapat sekitar H - 15 Lebaran atau H - 7 Lebaran tahun ini, " ujarnya.

Sementara itu, ia menyebutkan, para mitra yang diundang dalam rapat koordinasi itu meliputi petugas kepolisian, TNI AL, jajaran Badan Klimatologi Meteorologi dan Geofisika (BMKG), dan jajaran petugas administrator bandara.

"Kami sengaja mengundang BMKG Juanda untuk memberikan info kondisi terkini cuaca ketika angkutan Lebaran 2010 dimulai. Upaya ini sekaligus mengantisipasi terjadinya cuaca buruk saat itu," katanya.

Mengenai proyeksi arus penumpang saat Lebaran mendatang, ia optimistis, jumlahnya meningkat antara dua hingga tiga kali lipat dibandingkan saat momen liburan sekolah lalu.

"Kalau puncak arus penumpang Lebaran 2010, diperkirakan terjadi antara H - 4 hingga H - 3," katanya.

Ia meyakini, rute padat saat angkutan Lebaran 2010 didominasi penumpang yang bepergian ke wilayah berbasis muslim seperti Jakarta, Balikpapan, Makasar, dan Banjarmasin.

Ia menyebutkan, selama liburan sekolah pada bulan Juni lalu pencapaian total penumpang rute penerbangan domestik di Bandara Juanda meningkat menjadi antara 29.000 orang per hari hingga 30.000 orang per hari baik di terminal keberangkatan maupun kedatangan.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010