London (ANTARA News) - British Petroleum (BP) Selasa menyatakan telah menderita rugi 16,9 miliar dolar AS pada kuartal kedua tahun ini setelah tumpahan minyak di Teluk Meksiko yang menghancurkan diperkirakan menelan biaya perusahaan hingga 32,2 miliar dolar AS.

Perusahaan itu menambahkan dalam sebuah pernyataannya, bahwa pihaknya akan menjual asetnya senilai 30 miliar dolar AS selama 18 bulan ke depan karena arus bisnis, sementara bosnya, Tony Hayward, akan digantikan oleh Bob Dudley pada Oktober.

"BP hari ini mengumumkan pihaknya telah mengambil biaya pra-pajak sebesar 32,2 miliar dolar AS untuk tumpahan minyak Teluk Meksiko, termasuk 20 miliar dolar AS dana kompensasi yang telah diumumkan sebelumnya," katanya dikutip AFP.

"Perusahaan juga akan memberitahu analis hari ini bahwa perusahaan berencana untuk menjual aktiva sampai 30 miliar dolar AS selama 18 bulan ke depan, terutama dalam bisnis hulu, dan dipilih atas dasar bahwa mereka lebih layak untuk perusahaan lainnya daripada BP.

"Portofolio bernilai tinggi ini akan meninggalkan perusahaan dengan lebih kecil tetapi bisnis eksplorasi dan produksi berkualitas tinggi."

(A026/A023/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010