Banjarmasin (ANTARA News) - Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan yang terletak di Jalan Hasan Basri Banjarmasin menggelar ajang budaya bergengsi yaitu Pekan Kemilau Banua Seribu Sungai.

Pekan Kemilau Banua Seribu Sungai 2010 tersebut digelar dalam rangka menyambut hari jadi ke-61 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), katau Kepala Taman Budaya Kalsel Akhmadi Sofyan di Banjarmasin, Selasa.

Pekan Kemilau Banua Seribu Sungai tahun ini dimeriahkan dengan napak tilas musik dan lagu legenddaris atau musik band terkenal tempo dulu.

Musik dan lagu legendaris tersebut seperti Koes Plus, Panbers, Mercys, Dloyd, Favorite, Beatle, Bee Gess, Ebiet G Ade serta Leo Kristi yang digelar pada Jumat (30/7) malam.

Selain napak tilas musik dan lagu legend juga banyak kegiatan budaya lain yang akan digelar sejak 28 Juli hingga 5 Agustus 2010.

"Akan banyak kemeriahan mewarnai kegiatan yang digelar pihak Taman Budaya Kalsel karena dapat mengakulturasi budaya Banjar menjadi lebih modern," katanya.

Acara Pekan Kemilau Banua Seribu Sungai terbuka untuk masyarakat umum sehingga diharapkan seluruh warga Kalsel ikut serta menyaksikan kegiatan itu.

Adapun agenda kegiatan yang digelar sejak Rabu 28 Juli 2010 yaitu menampilkan pewaris harum gamelan dan panting VG, sastra puisi barantai dan song and music banua colaboration.

Kemudian Kamis (29/7) mempersembahkan sastra puisi barantai, Jumat (30/7) mempersembahkan sastra puisi barantai dan napak tilas musik dan lagu legend musik band terkenal tempo dulu.

Sabtu (31/7) menampilkan sastra puisi barantai dan opera dengan judul Bulan Kutimang dan Bulan Ku Sayang, Senin (2/8) sastra puisi barantai dan komunitas Banjaris jazz music.

Sedangkan hari terakhir Kamis (5/8) menampilkan partisipasi spontan dari para budayawan dan seniman Kalsel dalam bentuk puisi barantai, demikian Akhmadi.(*)

(ANT-087/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010