Tokyo (ANTARA News) - Sebuah kapal tangki milik dan dioperasikan perusahaan Japan`s Mitsui O.S.K.Lines Ltd rusak akibat satu ledakan dekat selat Hormuz, Rabu menimbulkan luka ringan seorang awak, kata perusahaan itu.

Kapal, "M.STAR" mengangkut 270.204 ton atau sekitar dua juta barel minyak mentah ketika ledakan itu terjadi di perairan Oman, kata Mitsui O.S.K.

Perusahaan itu mengatakan ledakan itu mugkin akibat serangan dari luar. Kapal itu sedang dalam perjalanan menuju pelabuhan Chiba dekat Tokyo.

Ledakan itu terjadi sekitar pukul 00:30 waktu setempat (03:30WIB) Rabu, kata Mitsui.

Tidak ada kebocoran minyak dari kapal tangki VLCC ( Very Large Crude Carrier) dengan 16 awak Flipina dan 15 India. Kapal itu berlayar menuju pelabuhan Fujairah di Uni Emirat Arab (UAE) untuk memeriksa kerusakan itu, kata seorang juru bicara perusahaan itu.

Lokasi ledakan terjadi di buritan bagian kanan diduga ledakan itu tidak mungkin disebabkan oleh minyak di kapal itu, kata Mitsui O.S.K.

"Selain itu, seorang awak melihat cahaya datang persis sebelum ledakan itu, jadi (Mitsui OS.K) yakin ada kemungkinan itu disebabkan serangan dari luar," kata pernyataan perusahaan tersebut.

Reuters/H-RN/B002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010