Jakarta (ANTARA) - Pep Guardiola menyatakan keberhasilan Manchester City mencapai final Liga Champions musim ini adalah buah kerja keras yang menurutnya terus diperlihatkan secara konsisten oleh para pemainnya selama 4-5 tahun terakhir.

City baru saja mencetak tiket final Champions pertama mereka sepanjang sejarah klub miliki Abu Dhabi United Group itu, setelah mengalahkan finalis musim lalu, Paris Saint-Germain (PSG), dengan skor 2-0 dalam leg kedua semifinal di Etihad, Manchester, Inggris, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Secara agregat City menang meyakinkan 4-1 setelah sepekan lalu memboyong kemenangan 2-1 dari markas PSG.

"Kami berjuang bersama dan sekarang ada di final Liga Champions, sungguh itu kalimat yang indah," kata Guardiola selepas laga kepada BT Sport, dilansir laman resmi UEFA.

"Bisa mencapai final sekarang, membuat semua yang kami lakukan dalam 4-5 tahun terakhir menjadi masuk akal. Setiap hari para pemain ini selalu konsisten bekerja keras dan itu sungguh mengesankan," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Kalahkan 10 pemain PSG lagi, City capai final Liga Champions perdana

Ini menjadi kali pertama Guardiola kembali ke final Champions setelah membawa Barcelona juara pada 2009 dan 2011, sekaligus final kompetisi Eropa pertama City setelah terakhir kali menjuarai Piala Winners pada 1970.

Guardiola mengaku hal pertama yang terlintas di kepalanya setelah peluit bubaran terdengar adalah para pemain yang tidak main di leg kedua, sebab menurutnya mereka semua pantas tampil atas kerja keras dan kontribusi masing-masing.

"Ini final pertama bagi kami semua di tim ini. Saya sangat bangga dan yang pertama terlintas adalah para pemain yang tidak bermain hari ini," katanya.

"Mereka semua pantas main, semua sudah memberikan kontribusi dan ini saatnya kami menikmati hasil ini," ujar Guardiola melengkapi.

Baca juga: Riyad Mahrez klaim City tidak secara khusus andalkan serangan balik
Baca juga: City samai rekor kemenangan tandang beruntun selepas bungkam Palace

City bisa melengkapi pekan yang menyenangkan ini dengan merengkuh gelar juara Liga Premier Inggris saat menjamu Chelsea di Etihad pada Sabtu (8/5) sebelum mempersiapkan diri untuk final Champions.

"Kami sekarang harus memastikan gelar juara liga dan kemudian ada dua atau tiga pekan untuk persiapan final," pungkas Guardiola.

Di partai final yang rencananya digelar di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki, 29 Mei nanti, City akan menanti Chelsea atau Real Madrid yang baru akan memainkan leg kedua semifinal pada Kamis dini hari nanti.

Baca juga: UEFA bersikeras tetap gelar final Liga Champions di Istanbul
Baca juga: Kartu merah runtuhkan kepercayaan diri PSG, kata Verratti
Baca juga: Pochettino ogah cari-cari alasan usai PSG disingkirkan Manchester City

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021