Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 12 calon dari 133 orang dinyatakan lulus tahap kedua seleksi pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yaitu pembuatan makalah yang dilakukan secara langsung di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Peserta calon pengganti pemimpin KPK tahap kedua yaitu sebanyak 12 orang," kata Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, di Gedung Kemenkumham, Jakarta, Sabtu.

Menkumham memaparkan, ke-12 orang itu antara lain Prof Dr Ade Saptomo (akademisi), Dr Aji Sularso (mantan BPK), Bambang Widjojanto (advokat/aktivis), Irjen Pol (Purn) Chaerul Rasyid, dan Dr Fachmi (jaksa dari Kejaksaan Agung).

Selain itu, nama lainnya adalah termasuk Firman Zai, Fredrich Yunadi, I Wayan Sudirta, Junino Jahja, dan Meli Darsa.

Sedangkan dua nama lain yang dinyatakan lulus adalah yang didukung oleh Forum Rektor Indonesia, yaitu mantan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Jimly Asshiddiqie, dan Ketua Komisi Yudisial (KY) M Busjro Muqoddas.

Patrialis memaparkan, para calon yang lulus tersebut untuk tahap berikutnya adalah mengikuti "profile assessment" (penilaian profil/psikotes).

Rencananya, agenda "profile assessment" akan diselenggarakan di Ruang Soepomo, Kemenkumham, hari Rabu mendatang atau tanggal 4 Agustus 2010 yang dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Sebelumnya, sebanyak 133 calon telah mengikuti seleksi penulisan makalah pada 28 Juli 2010.

Penilaian dari makalah itu, dilakukan oleh tim independen yang terdiri dari 12 akademisi Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) yang dipimpin oleh Koordinator Dr Suristini Fitriasih.

Nama-nama dari 12 peserta seleksi yang lulus tahap kedua juga akan diumumkan kepada publik pada harian Media Indonesia pada Senin, 2 Agustus 2010.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010