Beirut (ANTARA News) - Negara-negara di kawasan Afrika dan Timur Tengah (Timteng) memiliki potensi ekonomi dan peluang yang menjanjikan untuk dimanfaatkan bagikepentingan Indonesia.

Hal ini mengemuka dalam pertemuan sosialisasi investasi yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu), di Beirut Lebanon, Kamis (29/07).

Sosialisasi investasi dua hari tersebut (28 -29/07) menghadirkan para pembicara dari berbagai instansi termasuk BKPM, Kemlu, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kembudpar), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Anggota DPR RI Komisi VI.

Acara sosialisasi yang mengundang 20 diplomat bidang ekonomi pada Perwakilan RI di negara-negara Afrika dan Timteng dilaksanakan dalam rangka penyebarluasan informasi kebijakan pemerintah di bidang penanaman modal.

“Sosialisasi bertujuan sebagai sarana untuk memberikan pemahaman komprehensif kepada pejabat pelaksana fungsi ekonomi Indonesia di Afrika dan Timteng tentang kebijakan investasi,” kata R.A. Arief, Kuasa Usaha ad Interim (KUAI) KBRI Beirut pada acara pembukaan sosialisasi di Hotel Rotana - Beirut.

Selain pemaparan para narasumber tentang berbagai kebijakan baru dan proyek-proyek investasi yang siap ditawarkan kepada pihak asing, peserta juga berkesempatan menyampaikan aneka pengalaman, profil dan peluang negara akreditasi masing-masing bagi kepentingan Indonesia.

“Di bidang investasi, terdapat dua trend di kawasan Timteng dan Afrika, yaitu negara-negara sebagai sumber investasi dan negara sebagai target investasi pengusaha Indonesia,” kata Indra Darmawan, Direktur Deregulasi Penanaman Modal BKPM.

Katanya juga, Qatar, Kuwait dan Arab Saudi merupakan contoh yang perlu digarap maksimal. Sedangkan beberapa negara Afrika juga memberikan peluang besar sebagai target investasi BUMN Indonesia di bidang IT, pertambangan dan pertanian.

Pembicara lainnya, Muhammad Husein, Direktur Perencanaan Sarana Prasarana BKPM juga menjelaskan bahwa Pemerintah telah melakukan berbagai upaya deregulasi di bidang perpajakan, kepabeanan dan kelistrikan.
(ANT/A024)

LangDetectid>id YahooCerror
Hal ini mengemuka dalam pertemuan sosialisasi investasi yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu), di Beirut Lebanon, Kamis (29/07).

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010