Ambon (ANTARA News) - Sudah saatnya Maluku jadi gudang pembuat film, kata Wakil Gubernur Gubernur Maluku Said Assagafff, kepada ANTARA, di Ambon, Sabtu.

"Kita dikenal sebagai gudangnya penyanyi dan petinju. Sekarang sudah saatnya bagi kita untuk menjadi gudang pembuat film juga," katanya.

Assagafff mengatakan, film menjadi media memperkenalkan Maluku ke dunia luar, sehingga daerah ini membutuhkan sineas asli daerah yang bisa mempromosikan provinsi yang identik dengan keindahan alam dan lautnya itu.

"Film bisa menjadi salah satu dari media untuk mempromosikan daerah kita," katanya.

Selaku juri kehormatan pada "Workshop Pembuatan Filem Generasi Muda Maluku 2010" yang digelar Cine Surya Juli lalu, Assagafff merasa sangat bangga pada pelajar SMA Kota Ambon bisa menghasilkan enam film pendek yang memberikan pesan moral kepada masyarakat.

"Saya sangat bangga, karena meski kekurangan sarana untuk mengembangkan diri, mereka bisa sangat kreatif dan imajinatif," katanya.

Ia mendesak pemerintah daerah juga menggelar festival film. "Kegiatan seperti itu akan terus diselenggarakan setiap tahunnya dan nantinya juga akan ada festival film dan semacamnya," katanya. (*)

KR-IVA/A011/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010