Kakorlantas: Tidak ada kejadian menonjol hari pertama penyekatan mudik

Kakorlantas: Tidak ada kejadian menonjol hari pertama penyekatan mudik

Kakorlantas bersama Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksa, Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Eddy, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo sempat meninjau mobilitas kendaraan di Exit tol Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021). ANTARA/HO-Korlantas Polri/am.

Situasi terakhir pengamanan arus mudik lebaran 2021 bahwa jalur secara nasional, mobilitas secara nasional ini dalam keadaan aman lancar tidak ada hal atau kejadian yang menonjol
Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono mengatakan tidak ada peristiwa yang menonjol pada hari pertama Operasi Ketupat 2021 dalam penyekatan kendaraan terkait kebijakan larangan mudik.

"Situasi terakhir pengamanan arus mudik lebaran 2021 bahwa jalur secara nasional, mobilitas secara nasional ini dalam keadaan aman lancar tidak ada hal atau kejadian yang menonjol," kata Istiono melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Istiono menuturkan kepadatan kendaraan pada titik penyekatan di Cikarang menuju Cikampek terlihat normal, sama halnya dengan kondisi lalu lintas yang tersebar di Sumatera dan Bali.

Istiono memastikan seluruh titik penyekatan kendaraan yang diberlakukan secara nasional dalam kondisi aman dan terkendali.

“Baik Jakarta menuju Sumatera maupun Jakarta menuju Jawa relatif terkendali aman dan lancar. Kemudian, titik-titik penyekatan dilaksanakan jajaran ini telah dilaksanakan sesuai dengan aturan," ujar Istiono.

Terkait penyekatan membuat arus lalu lintas padat seperti di Tol Cikampek, Istiono mengungkapkan bila kepadatan sudah mencapai 5 Km, maka petugas akan melakukan upaya rekayasa lalu lintas untuk mengurai arus lalu lintas.

"Kita atur dinamikanya kita atur, kita juga tidak menghendaki antrian terlalu panjang. Rekomendasinya 5 km jangan sampai terlalu panjang," kata Istiono.

Kakorlantas bersama Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksa, Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Eddy, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo sempat meninjau mobilitas kendaraan di Exit tol Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat.

Kebijakan peniadaan mudik lebaran 2021 digelar sejak 6-17 Mei 2021. Korlantas Polri melakukan penyekatan di 381 titik tersebar dari Sumatera hingga Bali. Penyekatan dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19.

Baca juga: Operasi Ketupat 2021 digelar 155.000 personel gabungan dilibatkan
Baca juga: Korlantas perketat pemeriksaan warga dikecualikan lakukan perjalanan

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Larangan mudik selesai, Daop 9 Jember kembali operasikan kereta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar