Bengkulu (ANTARA News) - Tabung elpiji dan kompor gas gratis dari Pertamina untuk masyarakat Bengkulu segera dibagikan dalam waktu dekat, menyusul akan direalisasikannya program konversi minyak tanah ke gas di daerah itu pada akhir 2010.

"Bantuan tabung gas untuk masyarakat Bengkulu segera kita bagikan, karena program konversi minyak tanah ke gas di daerah segera digulirkan," kata Sales Repsentatif Gas Deomestik Pertamina Sumatera Barat (Sumbar) dan Bengkulu, Abdul Manan, di Bengkulu, Minggu.

Tabung ukuran tiga kg beserta kompor sebanyak itu akan dibagikan kepada rumah tangga yang ada di 10 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bengkulu.

Namun, ia mengemukakan, alokasi calon penerima bantuan di setiap kabupaten/kota baru akan ditentukan setelah pelaksanaan sosialisasi di lapangan.

"Sekarang kita sedang mempersiapkan untuk melakukan sosialisasi penggunaan kompor dan tabung gas elpiji kepada masyarakat calon penerima bantuan tersebut. Hal ini dilakukan agar masyarakat benar-benar mengerti menggunakan kompor gas tersebut, sehingga kasus ledakan tabung gas dapat dihindari," ujarnya.

Setelah sosialisasi penggunaan kompor gas tuntas baru kemudian pihaknya bersama tim dari Pemprov Bengkulu melakukan verifikasi terhadap warga yang akan mendapat bantuan barang tersebut.

"Jadi, tidak seluruh warga Bengkulu akan mendapat bantuan kompor dan tabung gas elpiji dari Pertamina secara gratis ini. Sasaran bantuan adalah masyarakat yang selama ini mengguna kompor minyak tanah dan kayu bakar saja," ujarnya.

Sedangkan masyarakat yang sudah menggunakan kompor gas tidak akan diberikan lagi karena mereka sudah mampu dan tidak masuk dalam sasaran program konversi minyak tanah ke gas elpiji di daerah ini.

Sementara itu, Asisten II Pemprov Bengkulu, Fauzan Rahim mengatakan, tabung elpiji dan kompor gas yang akan dibagikan ke masyarakat sejak tiga pekan lalu sudah tiba di daerah ini, dan sekarang barang tersebut disimpan di beberapa lokas yang ada di Kota Bengkulu.

Sedangkan pembagian tabung dan kompor gas ke masyarakat akan dilakukan setelah dilakukan sosialisasi. "Sekarang kita sedang mempersiapkan tim untuk melakukan sosialisasi penggunaan kompor gas ke seluruh kabupaten/kota yang ada di daerah ini," ujarnya.

Ditargetkan bantuan ini sudah didistribusikan kepada rumah tangga calon penerima pada September mendatang, sehingga Oktober program konversi minyak tanah ke gas elpiji di Bengkulu sudah dapat direalisasikan, katanya.
(T.ANT-212/A023/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010