Medan (ANTARA News) - Sastrawan Medan yang selalu mengekpresikan karya-karya puisinya melalui jejaring sosial facebook akan membukukan karya-karya onlinenya itu.

"Karena banyak usulan pendapat dari para pembaca di akun facebook saya untuk membuat puisi-puisi itu ke bentuk buku,"ujar Sastrawan Medan, Zulkarnain Siregar pada diskusi pracetak "Ontologi Puisi Facebook: Selendang Berenda Jingga" di Medan, Minggu.

Ia menjelaskan, puisi-puisinya yang terinspirasi dari gejolak sosial terkini itu, ia ekspresikan melalui facebook, untuk memberi contoh penggunaan bahasa yang banyak digunakan di jejaring sosial itu.

Menurutnya, saat ini bahasa-bahasa yang digunakan masyarakat sebagai pengguna akun facebook banyak yang kasar dan tidak memberi contoh yang baik.

Untuk itu, dia terpanggil memanfaatkan Facebook untuk memberi contoh penggunaan bahasa-bahasa yang sopan, tepat, baik dan enak dibaca.

Ia menuturkan, 50 judul puisi yang seluruhnya dipublikasikan melalui Facebook, akan dibukukan.

Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara, Prof Dr Ikhwanuddin Nasution MSi menuturkan, transformasi karya sastra puisi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seperti Facebook memberi nuansa positif bagi perkembangan sastra.

Ia menjelaskan, penulisan karya puisi di jejaring sosial  akan semakin mendekatkan penulis dengan para pembaca serta memperbesar akses membaca dan memahami karya sastra.(*)

ANT/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010