Washington (ANTARA News) - Mantan calon wakil presiden dari Partai Republik Sarah Palin mengatakan kepada "Fox News Sunday" dia dan keluarganya mengubah gaya hidup mereka gara-gara seorang wartawan tinggal di sebelah rumah mereka di Alaska.

Pengarang buku laris Joe McGinnis menyewa satu rumah pada Mei tepat di sebelah rumah mantan gubernur Alaska itu di kota kecil Wasilla. Joe saat sedang menulis buku mengenai Sarah Palin.

"Kami telah mengubah prilaku kami gara-gara tetangga baru kami," kata Sarah, yang dipandang sebagai bintang supernya politik oleh banyak kalangan di kubu sayap-kanan Republik. "Kami hanya menghindari sudut tertentu di rumah itu. Dan kami menghindari halaman depan."

Sarah mengatakan, dia tak bisa santai dan "mengalir mengikuti arus" dengan tetangganya, Joe.

"Yah, hanya ikan mati yang mengalir mengikuti arus," kata politikus konservatif dan komentator tersebut. "Jadi, kami takkan pernah mengikuti arus dan menerima baik bahwa seseorang telah mengincar privasi kami untuk berusaha menghambat sebagian kebebasan kami dan menghambat kegembiraan kami."

Pada Oktober, Joe akan pergi untuk "mengutak-atik orang lain". "Sebagian orang hanya perlu mendapatkan kehidupan. Yah, semoga hatinya tenang. Dia perlu mendapat kehidupan."

Sarah Palin (46) memiliki lima anak: Track, prajurit Angkatan Darat AS yang dilahirkan pada 1989 dan saat ini bertugas di luar negeri; Bristol, yang dilahirkan 1990 dan terkenal karena hubungannya yang "byar-pet" dengan ayah bayinya Levi Johnston; adik-adiknya, Willow dan Piper, yang dilahirkan pada 1994 dan 2001, dan Trig, yang berusia dua tahun serta didiagnosis menderita sindrom down.

Sindrom down merupakan kelainan genetika yang terjadi pada kromosom 21 pada berkas q22 gen SLC5A3, yang dapat dikenal dengan melihat manifestasi klinis yang cukup khas. Kelainan yang berdampak pada keterbelakangan pertumbuhan fisik dan mental itu pertama kali dikenal pada tahun 1866 oleh Dr John Longdon Down.

Selama beberapa bulan belakangan Sarah Palin dan Joe McGinnis terlibat perang kata-kata berskala rendah.(C003/S018)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010