Jakarta (ANTARA News) - Produsen komputer dan gadget Apple Inc meluncurkan produk keren, sebuah mouse pad--biasanya ada pada laptop--yang dapat berfungsi untuk komputer desktop.

The Magic Trackpad dijual seharga 59 euro dan terhubung ke komputer Apple menggunakan bluetooth. Perangkat ini memungkinkan pengguna mengatur apa yang terjadi pada layar dengan menggunakan jari-jari mereka persis seperti pada iPhone.

Reuters melaporkan, perangkat ini bekerja dengan semua komputer Apple dan dioperasikan dengan energi dari dua baterai AA.

Magic Trackpad hampir 80 persen lebih besar dari trackpad yang ada di MacBook Pro dan karena seluruh permukaannya adalah sebuah tombol, maka anda dapat mengklik diatas objek seperti ketika menggunakan mouse tradisional.

Magic Trackpad--diletakkan di area rata--sama tinggi dan angle-nya dengan Apple Wireless Keyboard, sehingga bisa diletakkan berdampingan.

Apple menyatakan bahwa sampai saat ini layar sentuh sementara bekerja dengan baik pada iPhone dan iPad, tapi tidak masuk akal pada PC Mac.

Laptop MacBook memiliki track pad yang merespon sentuhan dua jari dan mengadopsi kontrol-kontrol dari iPhone. Apple juga mengenalkan mouse touch-sensitif merespon gerak-gerik jari yang sama di masa lalu.

Peluncuran perangkat baru muncul sebagai bagian dari peningkatan terbaru Apple untuk lini komputer desktop.

iMac terbaru memiliki prosesor baru dari Intel dan chip grafis baru, yang merupakan yang tercepat yang pernah diproduksi Apple.

Apple juga merilis lini baru desktop Mac Pro, yang mirip PC tradisional (berbentuk persegi) dan membutuhkan sebuah monitor yang terpisah.

Seperti iMac baru, Apple mengatakan komputer Pro terbaru menggunakan prosesor lebih cepat--otak dari komputer--serta chip grafis baru yang menghasilkan tampilan yang tajam.

Perusahaan ini merilis sebuah layar LED baru yang berdiri sendiri 27-inch yang dapat dihubungkan ke laptop atau desktop. Apple mengatakan layar itu 60 persen lebih besar dari 24-inch layar LED Apple.

(Adm/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010