Jakarta (ANTARA News) - Perserikatan Bangsa-Bangsa menilai Asia dapat menjadi contoh bagi pencapaian target pembangunan milenium ("MGD`s") bagi negara di kawasan lainnya.

Sekjen PBB dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Sekjen Bidang Sosial Ekonomi Sha Zukang pada pertemuan tingkat menteri Asia Pasifik tentang MGD`s di Jakarta, Selasa, mengatakan, Asia telah menunjukkan pencapaian positif terkait MDG`s.

"Hal itu ditunjukkan antara lain penurunan angka kemiskinan, terutama di Asia Timur dan Asia Tenggara. Di Asia Timur jumlah penduduk yang hidup di bawah 1,25 dolar AS turun dari 60 persen pada 1999 menjadi 16 persen pada 2005," paparnya.

Pada kegiatan yang dibuka Wakil Presiden Boediono itu, Zukang menambahkan, hal serupa juga terjadi di Asia Tenggara dengan penurunan hingga 19 persen. Sedangkan di China penurunan tingkat kemiskinan hingga lima persen pada 2015.

Tak hanya itu, tingkat penganggurannya juga berangsur berkurang sejak 2008 dibandingka kurun waktu 1998 hingga 2008. Gambaran positif juga tampak pada akses pendidikan yang didapat pada tingkat dasar dan menengah.

"Di Asia selatan anak yang mendaftarkan diri untuk sekolah mencapai 90 persen pada 2008 dan ini akan menjadi target menyeluruh pada 2015," ujar Zukang.

Sementara itu, kesetaraan jender dalam pendidikan meski belum menyeluruh namun hampir seluruh kawasan di Asia, telah berhasil menekan kesenjangan jender dalam pendidikan, lanjut dia.

"Saya bangga Asia dapat melakukan banyak capaian pembangunan milenium dalam waktu yang relatif singkat. Dengan fakta itu, Asia dapat menjadi contoh bagi kawasan lain di dunia," ujarnya.

Zukang mengemukakan, untuk mencapai target pembangunan milenium perlu didukung kerja sama regional dan internasional."Kita harus saling belajar antara negara satu dengan lainnya," ujarnya.
(R018/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010