Jakarta (ANTARA) - Olympique Lyon menyodok ke posisi tiga besar klasemen Liga Prancis selepas menghantam Lorient 4-1 dalam laga pekan ke-36 di Stadion Groupama, Sabtu.

Lyon menembus ke zona Liga Champions dengan raihan 73 poin, menggusur AS Monaco (71) yang baru bermain sehari berselang.

Sedangkan Lorient (38), yang menelan kekalahan ketiga dalam lima pertandingan terakhirnya, tertahan di urutan ke-17 masih terancam degradasi karena cuma punya jarak aman enam poin dari zona merah, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Babak pertama Lyon vs Lorient berakhir tanpa gol kendati tuan rumah melepaskan tidak kurang dari sembilan percobaan tembakan ke gawang.

Pada menit ke-39, Lyon menciptakan kemelut di hadapan gawang Lorient berawal dari tembakan Tinotenda Kadewere yang masih bisa dimentahkan kiper Paul Nardi.

Bola muntah berusaha disambar Kadewere kemudian Bruno Guimaraes, tetapi lini belakang Lorient mampu menghalaunya dengan baik.

Baca juga: Lyon menangi drama lima gol atas Monaco hanya dengan 10 pemain

Kebuntuan baru pecah pada menit ke-53 saat Houssem Aouar menyelesaikan umpan kiriman Rayan Cherki untuk menaklukkan Nardi dan membawa Lyon memimpin atas Lorient.

Gol itu tak ubahnya jadi momentum bagi Lyon yang kemudian menggandakan keunggulan mereka lewat tandukan Lucas Paqueta yang menyambut bola muntah hasil tembakan Karl Toko Ekambi pada menit ke-65.

Enam menit berselang, Guimaraes memperlebar keunggulan Lyon lewat eksekusi penalti setelah ia dijatuhkan Fabien Lemoine di dalam area terlarang.

Guimaraes kembali menjebol gawang tim tamu pada menit ke-77 untuk semakin menegaskan keunggulan Lyon atas Lorient jadi 4-0 dengan menyelesaikan umpan kiriman Islam Slimani.

Lorient baru bisa mencetak gol balasan pada menit ke-83 lewat tembakan jarak jauh Thomas Monconduit, tetapi itu berakhir hanya menjadi gol hiburan sebab Lyon mampu menutup laga dengan kemenangan 4-1.

Pertandingan pekan ke-37 dijadwalkan berlangsung serempak pada Minggu (16/5) depan, saat Lyon melawat ke Stadion Costieres menghadapi Nimes, sedangkan Lorient menjamu Metz di Stadion Moustoir.

Baca juga: Lille waspadai kegugupan yang bisa jadi jegalan perburuan juara
Baca juga: Neymar resmi bertahan dengan Paris Saint-Germain hingga 2025
Baca juga: Nantes terus perkuat posisi hindari degradasi seusai cukur Bordeaux

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021