Bertambah 100 orang, positif COVID-19 di Aceh capai 11.802 kasus

Bertambah 100 orang, positif COVID-19 di Aceh capai 11.802 kasus

ILUSTRASI - Personel gabungan Polri, TNI dan Satpol PP memberikan masker gratis kepada seorang pedagang saat pengawasan pusat keramaian di Pasar Aceh, Banda Aceh, Aceh, Kamis (6/5/2021). Polda Aceh mengintensifkan pengawasan menjelang Idul Fitri di sejumlah pusat keramaian untuk penegakan disiplin protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19. (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Kasus COVID-19 di Aceh bertambah lagi sebanyak 100 kasus, sehingga kasus aktif kini menjadi 1.366 orang
Banda Aceh (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Aceh menyatakan ada tambahan sebanyak 100 orang warga provinsi itu terkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19 sehingga jumlah total kasus di "Tanah Rencong" itu naik mencapai 11.802 kasus.

“Kasus COVID-19 di Aceh bertambah lagi sebanyak 100 kasus, sehingga kasus aktif kini menjadi 1.366 orang,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Ahad.

Penambahan kasus baru hingga Sabtu (8/5) malam itu mayoritas warga Kota Banda Aceh yang mencapai 34 orang.

Oleh sebab itu, ia meminta warga daerah Ibu Lota Provinsi Aceh untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mengantisipasi lonjakan kasus usai Lebaran (Idul Fitri) 1442 Hijriah.

Selain Banda Aceh, kasus baru juga terdapat di Aceh Besar 23 orang, Lhokseumawe sembilan orang, Langsa delapan orang, Pidie enam orang, Aceh Utara dan Bireuen lima orang, Aceh Tamiang tiga orang, Pidie Jaya dua orang, Gayo Lues satu orang, dan empat orang warga luar daerah Aceh.

Dia menjelaskan, selain Banda Aceh tren peningkatan kasus positif harian juga tampak di Aceh Besar, Lhokseumawa, Langsa dan Aceh Tamiang. Ia menduga peningkatan kasus positif itu terkait dengan mobilitas penduduk dari gampong ke kota/kabupaten yang cendrung meningkat menjelang lebaran.

Menurut dia warga dari berbagai "gampong" umumnya berbelanja kebutuhan Lebaran ke pusat kota atau kabupaten seperti membeli bahan-bahan kue lebaran dan pakaian baru dalam menyambut Idul Fitri.

“Kita menghimbau agar masyarakat yang melakukan aktifitas belanja di pasar tersebut menerapkan protokol kesehatan, dan tidak berdesak-desakan,” katanya.

Kemudian, selalu pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan, hindari berpergian bila tidak mendesak, serta biasakan perilaku hidup bersih dan sehat, setiap saat.

Selain kasus baru, Satgas COVID-19 Aceh juga melaporkan penambahan lima pasien corona yang sembuh per hari ini meliputi warga Bireuen tiga orang dan warga Pidie dua orang, dan juga penambahan empat orang pasien COVID-19 yang meninggal dunia.

“Empat orang yang dilaporkan meninggal dunia dalam 24 jam terakhir, yakni masing-masing satu orang warga Aceh Utara, Bireuen, Pidie Jaya dan warga Aceh Selatan,” katanya.

Secara akumulatif kasus COVID-19 di "Tanah Rencong" itu telah mencapai 11.802 orang, di antaranya para penyintas telah sembuh sebanyak 9.968 orang, pasien yang masih dirawat 1.366 orang dan penderita yang telah meninggal dunia 468 orang, demikian Saifullah Abdulgani.

Baca juga: Aceh laporkan 91 kasus baru, positif COVID-19 naik 11.482 orang

Baca juga: Pemerintah Aceh tetapkan zona aglomerasi

Baca juga: Wings Air masih layani penerbangan komersial ke Aceh kecuali mudik

Baca juga: PLN Aceh siaga penuh jelang Idul Fitri 1442 H

 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

90 pemuda Aceh dilatih jadi kader pengawas pemilu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar