Semarang (ANTARA News) - Sejumlah daerah di Kota Semarang yang biasanya tergenang rob, sudah hampir dua pekan ini bebas rob dan diharapkan kondisi tersebut akan terus terjaga.

"Daerah Empu Tantular dan kawasan Kota Lama yang dulu tergenang rob, sudah 14 hari ini tidak ada genangan lagi. Ya, kalau ada hanya satu sentimeter, tidak seperti dulu," kata Wakil Wali Kota Semarang, Hendi Hendrar Prihadi, di Semarang, Rabu.

Hendi mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang terus memantau kondisi tersebut dan diharapkan masyarakat dapat menikmati kawasan bebas rob di antaranya dengan memaksimalkan fungsi pompa air.

"Ini untuk pertama kali, Kota Semarang terutama di daerah pesisir tidak ada rob sampai hari ini," katanya.

Hendi mengakui dengan adanya rob, Kota Semarang tertinggal dengan daerah lain karena adanya pencintraan yang buruk akibat rob.

"Kota Semarang masih tertinggal karena pencitraan yang kurang bagus karena rob. Akibat rob, Kota Semarang yang harusnya menjadi kota kenangan justru menjadi kota tergenang," katanya.

Untuk menghilangkan citra tersebut, maka Pemkot Semarang berusaha keras untuk menghilangkan rob dengan memaksimalkan pompa air dan hasilnya dapat dirasakan masyarakat.

"Kami berharap Kota Semarang selalu bebas rob sampai proyek penanganan banjir dan rob di Kota Semarang pada tahun 2013," katanya.

Hendi menambahkan dengan menghilangkan citra buruk Kota Semarang tersebut, diharapkan para investor dapat masuk ke Ibukota Jateng ini.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010