Jakarta (ANTARA News) - Bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia untuk meringankan derita korban banjir di Pakistan akan diberangkatkan Kamis (5/8), kata Deputi II bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Soetrisno, di Jakarta, Selasa.

Soetrisno menyatakan, bantuan kemanusiaan tersebut akan dikirimkan menggunakan pesawat angkut barang dan bekerjasama dengan kementerian teknis lainnya untuk memberangkatkan 20 personel tim kesehatan dan beberapa bantuan logistik.

Logistik tersebut antara lain 4.000 lembar selimut, 500 paket makanan dalam kemasan, tiga ton obat-obatan dan lima ton makanan pengganti air susu ibu.

Selain itu, pemerintah juga memberangkatkan empat orang pendahulu yang akan memantau kondisi di lokasi banjir.

"Tim pendahulu akan melaporkan seberapa parah kondisi di lokasi bencana sehingga kami dapat memperkirakan bantuan apa lagi yang bisa dikirimkan ke sana," katanya.

Dia mengutarakan, bantuan tersebut adalah bukti kepedulian bangsa Indonesia terhadap negara lain yang tertimpa musibah.

"Selama ini jika negara kita terkena bencana bangsa lain juga kerap membantu meringankan beban kita," katanya.

Banjir terburuk di Pakistan barat laut sejauh ini telah menimpa lebih dari tiga juta orang, dan korban yang tewas meningkat menjadi 1.400, kata seorang juru bicara Dana Anak-Anak PBB, Selasa.

Badan Pengelola Bencana Nasional Pakistan mengatakan, lebih dari 29.500 rumah rusak dan jalan raya perdagangan penting ke China terputus.(*)

W004/s018/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010