Jakarta (ANTARA) - Pemain sayap Belanda, Arjen Robben bermimpi bisa berpartisipasi di Piala Eropa (Euro) bulan depan seusai penyerang sayap veteran itu melakoni pertandingan pertamanya setelah delapan bulan di FC Groningen pada Minggu.

Pemain berusia 37 tahun itu menjadi bintang dalam kemenangan 4-0 Groningen di kandang FC Emmen saat ia memberikan dua assist dalam penampilan terlamanya di lapangan sejak kembali ke papan atas Belanda tahun lalu.

Mantan penyerang Bayern Muenchen, Real Madrid dan Chelsea itu mengatakan ia lega dengan penampilannya selama 80 menit dan mengisyaratkan dirinya siap kembali ke tim nasional untuk Euro 2020.

Baca juga: Robben cuma main setengah jam dan Groningen dipukul PSV 1-3
Baca juga: Tanpa Robben, Groningen menang tipis 1-0 di markas ADO


"Bila ia menelepon, saya akan mengatakan ya," jawab Robben ketika wartawan bertanya bagaimana tanggapannya bila pelatih Belanda Frank de Boer mengundangnya masuk dalam skuad Euro.

"Ketika saya memulai musim panas lalu, itu (Euro 2020) jelas merupakan salah satu impian terliar saya", kata Robben yang dikutip Reuters pada Senin.

"Itu akan menyenangkan. Namun, Anda harus realistis, saya harus fit dan bernilai bagi tim. Kita lihat saja nanti."

Robben membuat kejutan saat ia menyatakan kembali ke sepak bola profesional tahun lalu setelah menandatangani kontrak satu tahun dengan klub masa kecilnya, Groningen setahun setelah pensiun.

Robben menyatakan pensiun setelah meraih delapan gelar Bundesliga bersama Bayern Muenchen.

Baca juga: Robben putuskan gantung sepatu
Baca juga: Arjen Robben batal pensiun demi gabung FC Gronigen


De Boer akan membuat daftar awal untuk skuad Euro 2020 pada akhir pekan ini, tetapi memiliki waktu hingga 1 Juni untuk mengumumkan daftar terakhir 26 pemainnya untuk turnamen tersebut.

Robben telah 96 kali membela tim Oranye tersebut dengan penampilan terakhirnya pada pada Oktober 2017, ketika dua golnya membawa Belanda menang 2-0 atas Swedia dan membuat mereka lolos ke Piala Dunia 2018.

Belanda akan memainkan turnamen besar pertama mereka tahun ini sejak finis ketiga di Piala Dunia 2014 di Brasil.

Baca juga: Bab terakhir Ribery, Robben dan Rafinha di Muenchen berhias dwigelar

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021