Bogor (ANTARA News) - Kebun Raya Bogor berubah putih lantaran ribuan warga Kota Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu pagi berkumpul memutihkan Kebun Raya Bogor, mereka hadir mengikuti zikir akbar bersama ustad Arifin Ilham.

Ribuan warga mengenakan pakaian serba putih, mereka memadati halam hijau di depan Cafe Dedaunan Kebun Raya Bogor.

Warga Bogor menyatu dalam kebersamaan, memeriahkan Tablik Akbar, satu dari beberapa rangkaian acara yang digelar Pemerintah Kota Bogor menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1431 Hijiriah.

Kepala Bagian Humas Pemkot Bogor, Edy Rohadi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara memperingati datangnya bulan Ramadan.

"Ada pawai Tarhib, tablik akbar dan terakhir nanti adalah cucurak, atau makan bersama," kata Edy.

Edy menyebutkan Cucurak adalah tradisi warga Bogor menyambut bulan puasa, berupa kegiatan berkumpul bersama-sama lalu menggelar makan bersama seluruh anggota keluarga yang ikut.

"Cucurak berperan meningkatkan silaturahmi dan rasa kebersamaan di antara masyarakat," jelasnya.

Sebelumnya, ribuan warga Kota Bogor menggelar Pawai Tarhib, berjalan kaki bersama dimulai dari Plaza Balai Kota Bogor, menuju Kebun Raya Bogor tempat zikir akbar dan cucurak digelar.

Pawai dilepas oleh Wali Kota Bogor, Diani Budiarto, disaksikan Wakil Wali Kota Bogor, Achmad Ru`yat, ketua MUI dan disaksikan seluruh jajaran Muspida.

Mereka yang hadir terdiri dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari anak-anak, pelajar, mahasiswa, dan para orang tua, ada dari sekolah, organisasi kemasyarakatan, majelis ta`lim, pegawai Pemda dan beberbagi unsur lainnya.

Wali Kota Bogor, Diani Budiarto mengucapkan selama menyambut bulan Ramadan kepada warganya, ia menghimbau masyarakat untuk menjaga kebersamaan selama bulan Ramadan.

"Selama menyambut bulan Ramadan, mari kita ciptakan suasana yang kondusif dan agamais, semoga amalan ibadah kita diterima disisinya dan kita bisa kembali fitrah," ujarnya.
(T.KR-LR/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010