Jakarta (ANTARA) - Napoli melompat ke posisi kedua klasemen sementara Liga Italia selepas mencukur Udinese 5-1 dalam laga pekan ke-36 di Stadion Diego Armando Maradona, Napoli, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Gol-gol Piotr Zielinski, Fabian Ruiz, Hirving Lozano, Giovanni Di Lorenzo dan Lorenzo Insigne untuk Napoli hanya bisa dibalas sekali oleh Udinese melalui Stefano Okaka.

Kemenangan itu membuat Napoli mengoleksi 73 poin dan naik ke posisi kedua, melompati Atalanta (72) dan AC Milan (72), yang baru main sehari berselang.

Sedangkan Udinese (40), yang menelan kekalahan ketiga dalam lima pertandingan terakhirnya, turun ke urutan ke-12, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Baca juga: Dwigol Osimhen antar Napoli lompat ke posisi kedua

Kendati tampil dominan sejak sepak mula, Napoli baru bisa membuka keunggulan pada menit ke-28 saat Zielinski menyambar bola muntah hasil tembakan jarak dekat Victor Osimhen yang sempat dimentahkan kiper Juan Musson.

Tiga menit berselang keunggulan itu digandakan oleh Ruiz yang menyelesaikan umpan sodoran Zielinski dengan tembakan akurat ke pojok atas gawang dari tepian kotak penalti.

Tim tamu menghidupkan asa mereka ketika bisa memperkecil ketertinggalan empat menit jelang turun minum melalui Okaka yang memanfaatkan umpan dari Rodrigo de Paul.

Namun, Musso melakukan blunder ketika umpannya bisa dipotong oleh Lozano yang kemudian menyarangkan bola ke gawang Udinese demi merestorasi keunggulan dua gol Napoli dalam kedudukan 3-1 pada menit ke-56.

Napoli kian unggul tegas ketika Di Lorenzo menyambar bola liar hasil sundulan Kostas Manolas yang sempat dihalau barisan pertahanan Udinese pada menit ke-66.

Udinese tak bisa berbuat banyak untuk mengubah keadaan dan pada menit pertama injury time Insigne mengunci kemenangan 5-1 bagi Napoli lewat gol tembakan volinya.

Di pertandingan selanjutnya, kedua tim sama-sama main pada Minggu (16/5), saat Napoli bertandang ke Artemio Franchi menghadapi Fiorentina dan Udinese menjamu Sampdoria di Friuli.

Baca juga: Pioli ingin Milan jaga semangat demi empat besar
Baca juga: Buffon pisah dengan Nyonya Tua, tapi belum bulat putuskan pensiun
Baca juga: Atalanta loncat ke peringkat 2, Roma hidupkan asa Europa

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021