Palembang (ANTARA News) - Persiapan tahap I acara pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI pada November 2011 diharapkan rampung awal September 2010, kata Wakil Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Sumatera Selatan Dhenie Zainal di Palembang, Minggu.

"Butuh waktu kurang lebih satu tahun untuk menyiapkan pembukaan. Kami pastikan persiapan awal seperti susunan panitia, serta pengisi acara akan rampung di Bulan September 2010. Pada bulan itu, para penari sudah bisa melakukan latihan," kata dia.

Menurut dia, KONI Sumsel sebagai panitia lokal harus bergerak cepat mengingat umat muslim akan menjalankan ibadah puasa dan merayakan lebaran.

"Satu bulan persiapan kita menuju SEA Games akan terpotong. Oleh karena itu, KONI Sumsel sebagai panitia pelaksana harus bergerak segera, karena waktu satu tahun itu sangat cepat," ujar dia.

Untuk itu, KONI setempat akan membentuk posko khusus untuk berkonsentrasi melaksanakan acara pembukaan dan penutupan SEA Games di Gedung KONI Sumsel, pekan ini.

"Posko itu akan mengurus segala keperluan yang khusus berkaitan dengan acara pembukaan dan penutupan. KONI juga akan membuat posko lain seperti posko masing-masing cabang olahraga," ucap dia.

Menghadapi ajang berskala regional itu, KONI Sumsel telah merekrut koreografer tari ternama asal ibu kota Deny Malik.

Deny Malik telah melakukan pertemuan dengan Dewan Kesenian Sumsel, Sabtu (7/8).

"Kami berharap masukan-masukan dapat diberikan oleh para seniman asal Sumsel berkaitan dengan acara pembukaan dan penutupan SEA Games," tutup dia. (ANT039/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010