Jakarta (ANTARA News) - Kurs rupiah sepanjang pekan ini masih stabil di kisaran Rp8.930-Rp8.940 per dolar, karena bertahannya rupiah akan membuat eksportir, importir dan konsumen merasa nyaman dalam berusaha, kata pengamat pasar uang, Farial Anwar

Pada kisaran Rp8.930-Rp8.940 per dolar, memang importir sedikit merasa diuntungkan ketimbang eksportir. Namun membaik harga komoditas di luar negeri mengakibatkan hasil ekspor Indonesia semakin meningkat, katanya di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, rupiah di posisi Rp8.930-Rp8.940 per dolar dinilai cukup aman karena berada dibawah level Rp9.000 per dolar. Namun posisi rupiah yang paling ideal apabila mata uang Indonesia berada pada level Rp9.000 per dolar, ujarnya.

Menurut dia, para eksportir maupun importir sebenarnya tidak mempersoalkan apakah rupiah itu menguat atau turun asalkan posisiya berada dalam kisaran yang sempit.

Jadi rupiah tidak akan bergejolak dalam koridor yang jauh, apalagi Bank Indonsia (BI) tetap berada dipasar menjaga pergerakan mata uang Indonesia, ucapnya.

Rupiah, lanjut dia sebenarnya berpeluang untuk bergerak naik hingga mendekati angka Rp8.900 per dolar, meski hanya tinggal 30 poin lagi,

Tapi kenaikan rupiah hingga Rp8.900 sebenarnya tidak perlu yang penting rupiah stabil dalam waktu yang cukup lama, sehingga pemerintah tidak terlalu repot untuk mengatasinya, katanya.
(ANT/A024)
 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010